Sunday 21 April 2013

Sejarah Singkat Kartu Kuning dan Kartu Merah dalam Sepakbola


Berikut ini merupakan sejarah singkat pemberian kartu kuning dan kartu merah dalam olahraga sepak bola, yaitu:

1. Ide penggunaan kartu kuning dan kartu merah pada sepakbola , muncul terinspirasi saat kejadian di perempat final Piala Dunia 1966.

2. Saat itu, merupakan laga Inggris melawan Argentina, yang dipimpin oleh Wasit Rudolf Kreitlein asal Jerman, yang berlangsung ricuh.

3. Kapten Argentina, Antonio Rattin, dikeluarkan wasit Kreitlein , oleh karena telah melakukan pelanggaran yang keras. Namun karena kendala bahasa, sang kapten Antonio pun masih tetap berada di lapangan. Beruntung, asisten wasit asal Inggris, Ken Aston, dengan sedikit modal bahasa Spanyol, mampu menjelaskan Rattin untuk meninggalkan lapangan sepak bola.

4. Dengan adanya kejadian tersebut, Ken Aston berpikir seharusnya ada komunikasi universal saat Wasit memberi peringatan kepada pemain sepak bola.

5. Suatu hari, Ken Aston menemukan ide kartu kuning dan kartu merah , sebab ia melihat lampu lalu lintas yang memberinya ilham.

6. Akhirnya, dengan adanya ide Ken Aston dipakai, yaitu menggunakan kartu kuning dan kartu merah dalam pertandingan sepak bola , sampai dengan saat ini.

No comments:

Post a Comment