Monday 4 February 2013

Berapa Biaya Belajar Sekolah Mode di Indonesia?


Mungkin anda bertanya, berapa sebenarnya biaya belajar sekolah mode di Indonesia per tahun 2013 ini? 

1.Ternyata biaya belajar sekolah mode di Indonesia jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kuliah di jurusan ekonomi, teknik sipil, atau ilmu murni seperti fisika serta matematika.

2. Sekolah mode seperti Lasalle College, Esmond, Susan Budiharjo serta Universitas Ciputra, menetapkan biaya yang bisa mencapai puluhan juta per tahun. Itu pun baru biaya pendidikan, belum termasuk uang yang mesti digelontorkan sendiri untuk berbagai macam keperluan praktik seperti pembelian kertas untuk pola baju, sepatu, aksesori serta bahan lain misalnya kain.

3. Rata -rata mahasiswa sekolah mode Esmod per tahun mesti menggelontorkan kocek senilai Rp.73.000.000,- ( tahun 2013 ) , dapat dicicil, namun uang tersebut belum termasuk praktik.

4 Jika dihitung untuk masa pendidikan selama 3 tahun, maka seorang mahasiswa sekolah mode dapat mengeluarkan dana sebesar Rp.400.000.000,- bahkan bisa lebih, tergantung dari spesialisasi serta karya apa yang akan ia buat nantinya.

5. Belajar di sekolah mode berarti anda harus bisa terbiasa bekerja keras, bahkan di tahun pertama sudah mesti begadang sampai pagi menyelesaikan tugas. 

6. Jika anda berhasil lulus di sekolah mode, maka pekerjaan yang bisa anda geluti nantinya adalah buka usaha di bidang garmen, menjadi pengarah gaya di majalah mode, fashion stylist, perancang aneka asesori termasuk sepatu.
 
7. Lalu apa saja yang dipelajari di sekolah mode?

- Sekolah mode Esmod mengatakan bahwa mahasiswa program diploma 3 tahun bisa menerima pengetahuan komplet , mulai dari teknik dasar fashion, membuat serta menggambar pola, teknik menjahit, jenis-jenis jahitan. Mahasiswa juga mendapatkan pelajaran marketing dan komunikasi sehingga kelak bisa bernegosisasi dengan pembeli atau di perusahaan tempat ia bekerja nantinya.

Ditahun ketiga, mahsiswa baru memilih spesialisasi fashion, dengan 3 pilihan yang ditawarkan yaitu fashion anak, wanita dan pria. Mahasiswa tersebut akan belajar secara mendalam lalu membuat tugas akhir untuk ujian.



 

No comments:

Post a Comment