Saturday 2 February 2013

Mari Mengenal Apa Itu Hadiah Tang, Hadiah Nobel Versi Asia



Hadiah Tang merupakan hadiah Nobel versi benua Asia, yaitu:

1. Samuel Yin, seorang pemimpin Ruentex Group di Taipei, Taiwan, merupakan konglomerat Taiwan yang sangat tertarik untuk membuat Hadiah Nobel versi Asia.Hadiah tersebut akan diberikan kepada orang-orang yang mempunyai pencapaian dalam bidang pengetahuan alam serta sosial.

2. Pada tanggal 28 Januari 2013, Samuel Yin mendeklarasikan pendirian Yayasan Hadiah Tang. Adapun dana awal yang diberikan kepada yayasan tersebut sebesar 3 Miliar Dollar Taiwan atau Rp. 982 Miliar.

3. Mengapa memilih nama Tang?

-Nama Tang diambil diambil dari salah satu nama dinasti yang terkenal sebab pencapainnya yang hebat dalam bidang budaya dan ilmu pengetahuan alam.

4. Anugerah Hadiah Tang akan diberikan kepada orang-orang yang berprestasi di 4 macam bidang ilmu, yaitu:

-Biofarmasi

-Pembangunan berkelanjutan

-Sinologi

-Bidang Hukum

5. Hadiah Tang akan diberikan kepada siapa saja, tanpa memandang dia berasal dari negara apapun.

6. Pemberian hadiah ala Nobel merupakan salah satu cita-cita terbesar yang sangat didambakan oleh Yin.

Yin sangat berharap hadiah tersebut akan membuat banyak yang sangat antusias untuk meneliti yang pada ujungnya akan bermanfaat bagi umat manusia.

7. Hadiah Nobel versi Asia ini akan mulai diberikan tahun depan dan akan diberikan tiap 2 tahun sekali.

8. Lalu, berapakah besarnya Hadiah Nobel versi Asia ini atau dikenal dengan nama Hadiah Tang ini?

- Pemenang Hadiah Tang akan menerima hadiah sebesar 50 juta Dollar Taiwan atau sekitar 1,7 juta Dollar AS  atau Rp. 16 Miliar.

-Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan dengan hadiah Nobel yang bernilai 1,2 juta Dollar AS.
9. Siapa sebenarnya Samuel Yin ini?

- Samuel Yin merupakan seorang konglomerat asal Taiwan yang sangat dikenal karena kemurahatiannya. Ia sering sekali memberikan sumbangan untuk kereprluan pendidikan dan amal di Cina.

- Sejumlah media negara Taiwan mengyebutkan bahwa lebih dari 80.000 mahasiswa China sudah menerima bantuan uang kuliah dari Samuel Yin.

- Pada tahu 1980-an, Samuel Yin membantu mndanaui pembangunan rel kereta api sepanjang 250 kilometer di China bagian Timur.

-Samuel Yen dikenal mendirikan Sekolah Manajemen Guanghua di Universitas Peking. Banyak lulusan sekolah manajemen tersebut yang menjadi pejabat pemerintahan dan perusahaan milik negara.

No comments:

Post a Comment