Saturday 2 February 2013

Tips Perawatan Interior Mobil Yang Terendam Air Banjir



Berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat interior mobil yang sudah terendam banjir, yaitu:

1. Bila kabin telah terendam air banjir, maka wajib dikosongkan. Seluruh komponen yang basah dan dapat dilepas, wajib dikeringkan. Kabin yang kosong juga membantu proses kerja menjadi lebih mudah.

2. Komponen jok mobil merupakan komponen yang utama yang harus dikeringkan. Untuk jok yang berbahan fabric, pengeringan waji benar-benar tuntas. Sebelum dikeringkan, busa jok berikut kainnya diperas terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar proses pengeringan tersebut tidak terlalu berlarut-larut.

3. Jemur jok di bawah terik sinar surya secara langsung selama beberapa kali. Supaya mendapatkan hasil jok mobil yang benar-benar kering, maka diperlukan waktu sampai dengan 1-2 minggu.

4. Tidak dianjurkan untuk mengeringkan jok mobil dengan memakai oven atau alat serupa hair dryer, karena bagian yang kering nantinya hanyalah bagian atasnya saja, tidak menyeluruh sampai dengan bagian dalam jok mobil. Hal ini penting, sebab jika tidak demikian , maka di waktu kedepannya, jok mobil akan timbul bau yang tidak sedap.

5. Jok yang terbuat dari bahan kulit juga wajib dikeringkan, tapi karena daya serapnya tidak sebaik fabric, maka proses pengeringannya dapat lebih cepat.

6. Selain jok mobil, karpet dan peredam yang ada wajib dikeringkan,dengan cara yang sama dengan pengeringan jok mobil. Proses penjemuran dianjurkan tidak hanya pada satu sisi saja, melainkan juga wajib dibolak balik.

7. Untuk plafon, dianjurkan diganti dengan yang baru, karena bila dikeringkan, maka hasilnya tidak akan maksimum serta akan turun sebab hanya mengandalkan lem saja untuk menempelkannya.

8. Bersihkan juga komponen elektretikal yang ada di kabin mobil, bersihkan seluruh soket yang ada, terutama sirkuit utama soket. Semprotlah seluruh soket dengan memakai kompresor, atau dengan menggunakan contact cleaner.

No comments:

Post a Comment