Saturday 2 February 2013

Ratu Beatrix Dari Belanda Mengundurkan Diri


Raja Baru dari Belanda akan dinobatkan pada tanggal 30 April 2013, setelah sang Ratu Beatrix mengumumkan pengunduran diri dalam sebuah pidato singkat yang disiarkan melalui media Belanda, pada hari Senin, 28 januari 2013.

Ratu Beatrix  mengakhiri masa jabatannya, tepat 33 tahun sejak dinobatkan sebagai ratu, pada tanggal 30 April 1980. Ratu Beatrix akan berusia 75 tahun pada tanggal 31 Januari 2013 ini.

Lalu siapa yang akan menggantikan Ratu Beatrix  dan naik tahta?

-Putra Mahkota bernama Willem-Alexander , kelahiran Utrecht, 27 April 1967, akan dinobatkan menjadi Raja Belanda pertama sejak Willem III, kakek canggahnya, yang meninggal pada tahun 1890.

-Pangeran Willem-Alexander menjalani pendidika di Wales dan Belanda, serta meraih gelar sarjana sejarah dari Universitas Leiden.

- Pangeran Willem-Alexander pernah bertugas sebagai perwira Angkatan Laut sebagai seorang Pilot.

-Pangeran Willem-Alexander juga pernah menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional dan ahli manajemen air terkemuka.

Perlu diketahui, keputusan Ratu Beatrix untuk turun takhta adalah melanjutkan tradisi Oranje-Nassau, yang memerintah Belanda sejak 1815. Raja Willem I menyerahkan takhta kepada puteranya, Willem II, pada usia 68 tahun , dimana 3 tahun kemudian ia meninggal dunia.

Raja Willem II dan Willem III memerintah sampai dengan meninggal dunia. Adapun Ratu Wilhelmina menggantikan Willem III mengembalikan tradisi tersebut.

Setelah membawa Belanda melewati 2 perang dunia, Wilhelmina turun takhta pada umur 68 tahun.
Ratu Julliana meneruskan dinasti Oranje-Nassau mengakhiri masa jabatannya tepat berusia 71 tahun, 30 April 1980, dan menyerahkan takhtanya pada Beatrix.

Tanggal lahir Ratu Juliana masih diperingati rakyat Belanda sebagai Hari Ratu, sebagai bentuk penghormatan untuk Juliana yang meninggak di tahun 2004 dalam usia 94 tahun.

No comments:

Post a Comment