Sunday 6 January 2013

Apa Arti dari Istilah Jurang Fiskal di Negara Amerika Serikat?



Banyak orang mungkin belum mengerti, apa maksud atau arti dari Jurang Fiskal di Amerika Serikat?

1. Pada tanggal 1 januari 2013, program pemotongan pajak sementara yang diterapkan sejak era Presiden George W Bush telah habis masa berlakunya.

-Akibatnya, terjadi kenaikan pajak otomatis bagi hampir seluruh warga Amerika Serikat, yang disertai dengan pemotongan otomatis anggaran belanja domestik dan militer sebesar 109 miliar Dollar Amerika Serikat.

-Kombinasi kenaikan pajak dan pemotongan anggaran secara otomatis inilah yang dijuluki "Jurang Fiskal".

-Bila tidak diatasi, maka akan mengurangi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,5%, dan berpotensi membawa Amerika Serikat kembali ke resesi.

-Tingkat pengangguran yang saat ini sudah mencapai 7,7% pun dapat kembali menjadi 9%.



Adapun Kongres Amerika Serikat akhirnya berhasil menghindari Jurang Fiskal tersebut, setelah menyepakati rancangan undang-undang baru dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pajak individu dengan penghasilan lebih dari 400.000 Dollar AS per tahun dan pasangan berpenghasilan minimal 450.000 Dollar AS per tahun naik  dari 35% menjadi 39,6%.

2. Pengurangan penghitungan penghasilan kena pajak akan dibatasi untuk warga yang memiliki penghasilan 250.000 Dollar AS per tahun dan pasangan berpenghasilan 300.000 Dollar AS per tahun.

3. Pajak untuk rumah/tanah warisan naik dari 35% menjadi 40% , bila nilainya lebih dari 5 juta Dollar AS untuk individual, atau 10 juta Dollar AS untuk pasangan.

4. Pajak penghasilan investasi dinaikkan sampai dengan 20%.

5. Perpanjangan masa pemberian tunjangan pengangguran bagi para penganggur jangka panjang di Amerika Serikat selama 1 tahun, yang akan berguna bagi sekitar 2 juta orang.

6. Perpanjangan selama 5 tahun pemotongan pajak untuk membantu keluarga miskin dan kelas menengah.

7. Pajak minimum akan selalu disesuaikan dengan inflasi.

8. Pengembalian uang pajak bagi para dokter yang menangani pasien peserta program Medicare akan dilanjutkan, namun pembayarannya akan dilakukan di luar pogram layanan kesehatan Obamacare.

No comments:

Post a Comment