Tuesday 1 January 2013

Sejarah Asal Usul Spa dan Apa itu Spa


Berikut ini merupakan sejarah asal usul Spa dan apa itu Spa, yaitu:

1. Spa yang selama ini kita kenal sebagai salah satu cara untuk menyegarkan dan merelaksasikan diri, ternyata bernama sama dengan sebuah kota di Eropa.

2. Kata "Spa" diambil dari nama kota "Spa" yang terletak di Belgia bagian Selatan, tepatnya di Provinsi Luik.

3. Kota Spa ini sering dikunjungi sebagai tempat pengobatan dengan terapi air. Adapun sumber mata air di kota Spa dipercaya mengandung sifat yang dapat menyembuhkan. Lama kelamaan, kota Spa ini menjadi cikal bakal konsep lahirnya Spa.

4. Menurut catatan sejarah, tradisi untuk menyegarkan diri dengan berendam di dalam air hangat ini berawal sejak zaman Romawi Kuno.

5. Pada zaman Romawi Kuno, spa dilakukan oleh para prajurit Romawi untuk memanjakan diri setelah melakukan perjalanan yang jauh atau setelah berperang.

6. Pada zaman Romawi Kuno, bagi para Raja dan para Puteri serta Masyarakat kelas atas, spa dilakukan untuk merawat, mempertahankan, menambah kecantikan dan keindahan tubuh, dan mengembalikan kesegaran tubuh.

7. Pada abad ke-19, sumber-sumber air mineral di Kota Spa sangat terkenal di seluruh penjuru Eropa dan sering didatangi oleh para bangsawan dan Raja-raja di Eropa, seperti Kaisar Peter Agung dari Rusia, Kaisar Wilhelm II dari Jerman, sampai dengan Kaisar Napoleon Bonaparte dari Perancis. Mereka mengunjungi kota Spa supaya memperoleh perawatan dan pemulihan kesehatan.

8. Sebagai sarana pengobatan, konsep spa sudah dikenal sekitar 5 abad sebelum Masehi.

9. Filsuf Hipokrates yang juga dikenal sebagai Bapak Ilmu Kedokteran dari Yunani, pernah membuka praktik di salah satu klinik yang terdapat di Kepulauan Algea , sambil menulis buku yang sangat lengkap mengenai terapi air (hidroterapi).

10. Di dalam perkembangannya, konsep spa mempunyai beberapa makna diantaranya Solus Per Aqua, yang bermakna perawatan secara tradisional yang memakai air sebagai medianya. Air dipakai karena dipercaya dapat memberikan efek penyegaran pada badan yang letih, bahkan bisa membawa kesembuhan.

11. Di negara Indonesia, kebiasaan merawat diri dengan konsep spa , telah lama dikenal di kalangan para Raja dan para Bansawan, terutama di Pulau Jawa.

12. Tradisi mandi dianggap sebagai dari bagian ritual "penyucian diri" agar mencapai keseimbangan jiwa, raga, dan sukma.

13. Kementrian Kesehatan dalam buku pedoman Pelayan Kesehatan bidang SPA sesuai Permenkes Nomor 1205/Menkes/X/2004 menyebutkan kepanjangan SPA sebagai "Sehat Pakai Air."

14. Asosiasi Spa Terapis Indonesia (ASTI) memakai kata "spa" dengan segala pengertiannya dan menetapkan spa sebagai upaya untuk mencapai kesehatan jiwa, raga, sukma secara seimbang dengan memakai berbagai metode.

15. Asosiasi Spa Indonesia (ASPI) mempunyai konsep spa yang berarti perawatan dengan media air.

No comments:

Post a Comment