Saturday 5 January 2013

Sejarah Asal Usul Tradisi Mengucapkan Selamat Hari Raya Dengan Menggunakan Kartu Ucapan


Berikut ini merupakan sejarah dan asal usul tradisi mengucapkan selamat hari raya dengan menggunakan kartu ucapan, yaitu:

1. Tradisi mengucapkan selamat dengan menggunakan kartu ucapan, dimulai dari zaman bangsa China kuno. Kala itu mereka dalam menyambut tahun baru, mereka saling bertukar pesan tentang niat baik , dengan menggunakan kartu.

2. Bangsa Mesir kuno, juga menuliskan ucapan selamat pada lembaran-lembaran papirus.

3. Kartu ucapan buatan tangan dengan bahan kertas , mulai dikenal di benua Eropa sekitar awal abad ke-15.

4. Bangsa Jerman mulai mengukir ucapan selamat tahun  baru pada potongan-potongan kayu di tahun 1400-an.

5. Kartu ucapan buata tangan untuk ucapan hari Valentine telah menjadi kelaziman pada awal abad ke -15. Contoh kartu ucapan Valentine ini bisa dijumpai di British Museum, London, Inggris.

6. di abad ke-19, kartu ucapan sudah menjadi sangat lazim digunakan dengan semakin majunya teknologi cetak sehingga membuat kartu ucapan menjadi semakin populer.

7. Dengan diperkenalkannya perangko, maka biaya kirim surat melalui jasa pos menjadi kian murah.

8. Di tahun 1843, Sir Henry Cole meminta bantuan seniman John Calcott Horsley untuk merancang kartu ucapan Selamat Hari Natal untuk sahabat dan kerabatnya. Semenjak itulah,kebiasaan mengucapkan selamat Natal dengan menggunakan kartu ucapan pun semakin populer.

9. Pada era digital, peran kartu ucapan pun mulai tergeser oleh ponsel dan internet. Ucapan yang sama dapat disebarkan ke banyak orang sekaligus dalam sekejap sehingga lebih efisien.

10. Saat ini smartphone tak mau kalah dengan menawarkan pilihan cara untuk mengucapkan selamat.

-Ponsel dengan basis Android, misalnya, dimana terdapat banyak aplikasi pihak ketiga untuk mengustomisasi kartu ucapan digital.

-Ada juga yang terintegrasi dengan aplikasi messenger seperti Line Card.

-Uniknya, "kartu selamat" bisa dikemas dengan bentuk komik.

-Ada juga apliasi Touchnote yang mengkombinasikan versi digital dan bentuk fisik.

-Pengguna membuat dahulu versi digitalnya , lalu kemudian nantinya bisa dikirimkan bentuk fisiknya kepada orang yang dituju.
 

No comments:

Post a Comment