Monday 28 January 2013

Apa itu Garis Nazca?


Sebenarnya, apa itu Garis Nazca?

1. Ratusan geoglyphs purba tersebar di plato gurun di Peru, yang dewasa ini dikenal dengan nama Garis Nazca.

2. Asal muasal budaya ini merujuk pada budaya Nazca yang hidup di daerah tersebut, dalam kurun waktu antara 400-650 Masehi.

3. Garis-garis yang terbentuk secara rumit tersebut , terbuat dari kerikil merah , yang lalu memunculkan permukaan abu-abu dibawahnya.

4. Keadaan cuaca yang gersang, ditambah dengan lokasi yang terpencil, membantu terjaganya karya menakjubkan tersebut, yang ditemukan pertama kali pada tahun 1920-an.

5. Jalur-jalur beberapa garis tersebut membentuk pola-pola geometris sederhana sampai yang lebih rumit, seperti berbentuk binatang, bunga, serangga, ataupun pohon. Kajian paling baru menyebutkan adanya bentuk yang menciptakan sebuah labirin raksasa.

6. Beberapa pihak menyatakan bahwa garis-garis tersebut ditinggalkan oleh para pengunjung purba dari ruang angkasa. Salah seorang yang mengklaim pernyataan tersebut adalah Erich van Daniken yang terkenal dengan karyanya " Chariots of The Gods" ( 1968 ).

7. Walaupun demikian, beberapa ilmuwan percaya bahwa Garis Nazca tersebut mengandung makna yang religius bagi warga Nazca. Para peneliti juga kemungkinan menandai irigasi atau aliran air, atau mungkin dipakai sebagai kalender astronomi.

8. Garis Nazca dinyatakan sebagai warisan budaya dunia UNESCO  pada tahun 1994, dan saat ini terancam keberadaannya , oleh karena adanya penebangan hutan di wilayah sekitarnya , yang dapat menimbulkan banjir ataupun longsor.

No comments:

Post a Comment