Monday 28 January 2013

Apa itu Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF), dan Sejarah Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF)



1. Sebenarnya, apa itu Forum Ekonomi Dunia (World Ecomomic Forum / WEF)?

- Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF) merupakan organisasi internasional independen , yang berkomitmen untuk memperbaiki kualitas dunia, dengan mengajak kalangan pelaku usaha , akdemisim politisi, dan para pemimpin komunitas, untuk menyusun agenda global, regional, dan industri.

2. Bagaimana sebenarnya  sejarah berdirinya Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF)?

-Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF) bermula dari adanya pertemuan antara para pemimpin bisnis Eropa di Davos, Swiss, pada bulan Januari 1971, di bawah payung Komisi Eropa.

-Pertemuan tersebut dipimpin oleh Klaus Schwab, seorang Guru Besar Kebijakan Bisnis Universitas Geneva Swiss.

-Schwab lalu mendirikan Forum Manajemen Eropa, dan mengundang para pelaku bisnis Eropa, untuk pertemuan tahunan di Davos, tiap bulan Januari.

-Pada Tahun 1974, masalah yang didiskusikan mulai meluas, dengan memasukkan masalah ekonomi dan sosial.

-Para pemimpin politik mulai diikutsertakan dalam pertemuan tahunan.

-Dua tahun berselang, Forum Manajemen Eropa lalu membuka keanggotaan untuk 1.000 perusahaan papan atas dunia.

-Laporan persaingan global ( Global Competitiveness Report ) pada tahun 1979, menandai transformasi lembaga tersebut di bidang ilmu pengetahuan dan riset sosial ekonomi.

- Forum Manajemen Eropa lalu berubah menjadi Forum Ekonomi Dunia di tahun 1987, serta memperluas visinya dalam berbagai bidang, termasuk dalam mencari solusi bagi berbagai macam konflik internasional.

-Laporan Persaingan Global diterbitkan tiap tahunnya, diikuti oleh sejumlah riset lain, misalnya Laporan Kesenjangan Jender Global ( Global Gender Gap Report) dan Laporan Risiko Global ( Global Risk Report ).

-Anggota Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF) adalah perusahaan global dengan nilai usaha 5 Miliar Dollar AS, walau nilainya cukup bervariasi untuk berbagai sektor industri dan wilayah.

-Seribu anggota Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF), menjadi jantung aktivitas organisasi ini serta mendukung usaha WEF dalam memperbaiki kualitas dunia.

3. Siapakah Klaus Schwab?

- Klaus Schwab lahir di Ravenburg, Jerman, pada tahun 1938, dari orangtua asal Swiss.

-Klaus Schwab meraih 2 gelar doktor di bidang teknik mesin dan ilmu sosial dan ekonomi.

-Klaus Schwab sempat berkarya di Universitas Harvard, Amerika Serikat, sebelum menjadi profesor paling muda di Universitas Geneva, Swiss.

-Klaus Schwab sempat berucap," Warisan dari situasi masa perang berdampak besar pada saya. Saya menjadi sangat tertarik pada rekonsiliasi dan dialog. Kita wajib menciptakan Eropa dan dunia yang baru , berdasarkan dua hal ini."

No comments:

Post a Comment