Sunday 6 January 2013

Sejarah dan Asal Usul Singkat Piala Hopman, sebuah Piala Untuk Kejuaraan Tenis Beregu Campuran


 Berikut ini merupakan sejarah dan asal usul singkat Piala Hopman, sebuah piala yang diberikan saat perebutan kejuaraan tenis beregu campuran, yaitu:


1. Turnamen untuk kejuaraan tenis beregu campuran pertama kali diadakan di tahun 1989, yang dibuat atas ide 3 petenis Australia, yaitu:

-Paul McNamee

-Charlie Fancutt

-Pat Cash

2. Ide mereka terwujud setelah mereka mereka bertukar ide untuk mengadakan kejuaraan tenis beregu campuran, 5 tahun sebelumnya. Ide ini dudukung Lucy Hopman, janda dari legendaris tenis Australia, Harry Hopman ( 1906-1985).

3. Sebagai bentuk penghormatan kepada Hopman, maka piala yang diperebutkan ini akhirnya diberi nama Piala Hopman.

4. Harry Hopman merupakan salah satu legenda petenis Australia yang pernah menyumbangkan 16 gelar juara Piala Davis saat berperan sebagai Kapten Team.

5. Harry Hopman juga pernah meraih 7 gelar grand slam di nomor ganda putra dan campuran.

6. Saat menjadi pelatih, Harry Hopman mengantarkan sejumlah pemain menjadi bintang, diantaranya Rod Laver, Roy Emerson, dan John McEnroe.

7. Walaupun petenis Australia tidaklah secemerlang dulu, negara Australia ini mempunyai jejak di peta tenis dunia kaena Hopman. Istrinya, Lucy Hopman, bahkan selalu terbang dari Amerika Serikat ke Australia setiap Januari untuk menghadiri kejuaraan Piala Hopman.

8. Turnamen Hopman ini diselenggarakan dengan melewati malam pergantian tahun di setiap penyelenggaraannnya.

9. Turnamen Hopman ini walaupun termasuk dalam kalender resmi Federasi Tenis Internasional, namun kejuaraan Hopman ini tidak memberikan poin individu bagi para pemainnya.

10. Serena Williams, Martina Hingis, Steffi Graf, Arantxa Sanchez Vicario, Djokovic, merupakan bintang grand slam yang juga pernah membela negara masing-masing negaranya di Piala Hopman.

No comments:

Post a Comment