Saturday 29 December 2012

Apa itu Black Friday atau Jumat Hitam Di Amerika Serikat?


Apa sebenarnya Black Friday atau hari Jumat Hitam di negara Paman Sam , yaitu Amerika Serikat?

1. Black Friday atau hari Jumat Hitam adalah hari setelah perayaan Thanksgiving dan lazimnya ini merupakan awal dari musim belanja hari Natal di Amerika Serikat.



2. Selain populer di Amerika Serikat, hari Black Friday atau Jumat Hitam ini juga berlangsung di Kanada dan Australia.

3. Ketika Black Friday tiba, maka orang-orang bisa membeli berbagai macam barang dengan harga diskon yang spesial. Adapun toko-toko eceran (retailers) mengasih diskon sampai dengan 40-60 persen.

4. Pada hari Black Friday , banyak toko buka lebih awal yaitu mulai dari jam 4 pagi. Oleh karena itu, banyak orang rela untuk mengantri atau mau menunggu di luar toko sepanjang malam, walaupun suhu udara sangat dingin, bahkan tak jarang mereka memasang tenda di luar toko. Tujuan mereka sederhana, yaitu mau menjadi yang pertama memasuki toko serta dapat membeli barang yang diinginkan dengan harga yang sangat rendah.


5. Fakta menarik mengenai Black Friday yaitu:

-Media sosial ternyata sekarang ini memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan Black Friday . Toko ritel memakai media sosial untuk menjangkau calon pembeli potensial, dimana calon pembeli bisa dengan gampang serta cepat berkomunikasi dengan orang lain mengenai rencaba maupun menceritakan pengalaman belanja mereka ketika Black Friday berlangsung.

-Terdeteksi dengan adanya cara belanja online jumlah orang yang berbelanja melalui internet ketika Black Friday berlangsung , naik sebesar 17 %.

- Mulanya di tahun 1966, istilah Black Friday  diasosiasikan negatif yang dipakai oleh pihak kepolisian Philadelphia untuk menyebut kejadian kelam , yaitu banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebagai akibat banyaknya kegiatan diskon "gila" berlangsung.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, istilah Black Friday malahan menjadi diasosiasikan positif sebab usaha para pengusaha ritel yang dengan "sengaja" memakainya untuk memberi judul agenda diskon promo tahunan mereka yang berlangsung setelah hari Thanksgiving.
 

1 comment:

  1. Black Friday 2018 yaaaaa....https://savey.xyz/id/perbelanjaan/black-friday-panduan-lengkap-penawaran-terbaik-diperbarui/

    ReplyDelete