Monday 31 December 2012

Mari Mengenal Iglo, Rumah Salju Masyarakat Inuit di Amerika Serikat



Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Igloo, yaitu:


1. Igloo memiliki bentuk bangunan yang menyerupai kubah berwarna putih yang berada di tengah-tengah hamparan salju.

2. Arti "Igloo" sebenarnya adalah rumah secara umum. Bentuk jamaknya adalah iglooit atau igluit.

3. Rumah yang terbuat dari salju sering disebut sebagai igluvigaq oleh masyarakat Inuit.

4. Igloo merupakan rumah sementara khas masyarakat Inuit, penduduk asli Amerika yang terbuat dari salju atau es. Rumah ini menjadi tempat persinggahan sementara masyarakat Inuit ketika berburu.

5. Igloo terbuat dari potongan salju yang telah mengeras. Penyusunannya memutar sesuai dengan arah jarum jam, Semakin lama, tumpukannya semakin tinggi.

6. Uniknya, tumpukan salju tersebut dibuat tanpa memakai kerangka. Tapi, igloo cukup kuat. Bila pembuatannya tepat, bagian atap kubah bisa digunakan untuk menahan berat 1 orang dewasa. Bisa dibayangkan kekuatan rumah salju igloo tersebut.

7. Kekuatan iglo dapat bertambah sebab panas dari lampu qulliq. Panas dari nyala lampu tersebut dapat membeku kembali sebab suhu dingin. Hal ini membuat iglo semakin kokoh.

8. Apakah suhu di dalam iglo cukup hangat? Jawabannya iya. Walaupun seluruh nya terbuat dari es, keadaan di dalam iglo cukup hangat, sebab es atau salju memiliki sifat tidak mudah menghantarkan panas.

9. Suasana hangat dalam iglo berasal dari panas tubuh manusia yang berada di dalamnya, lapisan kulit hewan, atau dari nyala lampu.

10. Lazimnya, orang Inuit membawa lampu qulliq. Panas dari nyala lampu tersebut dapat mencairkan es, namun es tersebut dapat membeku kembali.

11. lapisan kulit binatang yang ditaruh di dalam iglo dapat membuat suhu lebih hangat sekitar 10-20 derajat celcius. Lumayan untuk menghangatkan tubuh dan berlindung dari terpaan hawa dingin.

12. Orang Inuit juga sudah biasa tidur di dalam iglo. Bagian untuk tidur ditaruh di bagian atas, sebab udara dingin mengalir ke bawah dan udara hangat mengalir ke atas. Berdasarkan prinsip itu, bagian atas di dalam iglo lebih hangat dan dipakai sebagai tempat untuk beristirahat.

13. Terdapat beberapa jenis iglo. Diantaranya yaitu iglo tipe kecil, iglo semipermanen, dan iglo besar yang memiliki ukuran besar , yang dapat menampung sampai dengan 20 orang.

Iglo berukuran besar lazimnya digunakan sebagai tempat acara masyarakat seperti pesta dan tari-tari tradisional.

14. Saat ini, jumlah iglo menjadi semakin langka. tapi di wilayah Arktik Tengah, Kanada, atau Thule, Greenland, anda masih dapat melihat Igloo.

15. Perlu anda ketahui, versi Iglo di Jepang bagian Utara , disebut sebagai Kamakura atau rumah-rumahan dari salju.

1 comment: