Saturday 29 December 2012

Apa itu Teknologi LTE?



Banyak orang yang mungkin belum tahu apa itu Teknologi LTE.

Apa sebenarnya Teknologi LTE?
1. Perusahaan ponsel pintar terkenal berlomba-lomba dengan menggunakan jaringan 4G atau long term evolution ( LTE ).

2. LTE disebut-sebut akan menjadi jaringan nirkabel paling cepat sekarang ini.

3. Di sejumlah negara modern, jaringan LTE paling cepat pertumbuhannya. LTE memakai saluran radio yang tidak sama dengan jaringan sebelumnya, meskipun masih tetap memakai dasar jaringan GSM/EDGE UMTS/HSPA.

4. Kecepatan maksimal LTE disebut-sebut dapat mencapai 299,6 Mbps untuk men-download serta 75,4 Mbps untuk meng-upload. Dapat anda perkirakan sungguh nyamannya jika teknologi LTE dapat dijalankan di negara Indonesia saat ini. Tetapi, hal tersebut akan tergantung peraturan yang ada di dalam tiap negara, yang mempunyai cara yang berbeda untuk mengatur pengalokasian rentang pita frekuensi.

5. Adanya perbedaan frekuensi ini dikarenakan adanya ketersediaan spektrum frekuensi yang diatur pemerintah dan operator seluler yang memiliki lisensi LTE. Disamping itu, beberapa frekuensi sudah dipakai untuk layanan lain.

Contohnya di Indonesia, frekuensi 700 MHz dipakai untuk siaran TV Analog, lalu frekuensi 2.600 MHz digunakan untuk layanan televisi satelit berlangganan.

6. Adapun kelemahan teknologi LTE ini adalah biaya infrastruktur jaringan barunya masih terlalu mahal. Disamping itu, bila jaringannya diperbaharui, maka peralatan baru mesti diinstal.

7. Teknologi LTE memakai MIMO ( Multiple Input Multiple Output), dimana teknologi ini membutuhkan antena tambahan pada pancaran pangkalan jaringan untuk transmisi data, sehingga, bila terjadi pembaharuan jaringan, pemakai harus membeli mobile device baru juga, supaya untuk mengguna infrastruktur jaringan yang baru.

No comments:

Post a Comment