Sunday 30 December 2012

Resensi Sinopsis Film Habibie & Ainun


Berikut ini merupakan resensi sinopsis film Haninie dan Ainun, yaitu:

1. Film  Haninie dan Ainun menghadirkan nuansa romansa mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari, dua teman SMA yang kemudian berjodoh.

2. Pernikahan Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari bukanlah puncak cerita kedua sejoli ini, melainkan menjadi awal dari romansa abadi yang dipenuhi pasang surut kehidupan.

3. Dalam film ini, Reza Rahadian , yang memerankan tokoh Habibie, walaupun kelewat jangkung , namun dari segi gaya dan logat berhasil memersonifikasikan ahli kontruksi pesawat terbang yang pernah mengolok gadis yang kemudian jadi istrinya itu sebagai "jelek , hitam." Beberapa tahun kemudian si gadis gula Jawa itu berubah menjadi gula pasir yang cantik.

4. Digambarkan pula kehidupan awal pernikahan yang pas-pasan sebab sebagai insinyur muda , Habibie belum mampu menyewa apartemen berukuran besar.

5. Diceritakan, dalam kondisi yang pas-pasan , Habibie harus mencuci sendiri popok anaknya, Ilham Akbar dan Thareq  Kemal. Ditengah kondisi yang pas-pasan, Habibie memiliki tekad untuk mempersembahkan peswat terbang buatannya , tidak saja untuk istrinya, namun juga untuk bangsanya.

6. Jalan panjang dan berliku harus ditempuh Habibie, dimulai dengan bekerja sebagai ahli konstruksi ringan di perusahaan kereta api sampai menjadi pejabat tinggu di perusahaan kedirgantaraan Jerman, Messerschmitt Bolkow-Blohm, sampai akhirnya Direktur Utama Pertamina, Ibnu Sutowo menemui Habibie untuk meminta ia kembali ke Indonesia pada tahun 1973.

7. Adapun pertemuan dengan Presiden Soeharto digambarkan secara singkat, dimana Presiden Soeharto meminta kesediaan Habibie untuk membangun industri strategis di Indonesia.

8. Presiden Soeharto kembali muncul dalam video saat pesawat N-250 yang semuanya didesain oleh putra-putri Indonesia, berhasil mengudara pada tanggal 10 Agustus 1995.


9. Keberhasilan di bidang penerbangan, membawa Habibie ke kursi Wakil Presiden , lalu di tengah krisis moneter , ia menjadi Presiden RI ke -3. Tapi, Habibie hanya bisa bertahan selama 17 bulan sebagai Presiden. Digambarkan adegan saat Habibie yang memberitahu istri dan anaknya, saat pidato pertanggungjawabannya ditolak di MPR, sehingga ia tidak mencalonkan lagi sebagai Presiden.

10. Dimasa masa pasca kekuasaan, Ainun kemudian jatuh sakit akibat kanker servik. Digambarkan daya cinta yang terpancar dari dukungan Habibie kepada Ainun ketika sang istri menghadapi kanker.

No comments:

Post a Comment