Sunday 30 December 2012

Apa itu Smart TV?


Sebenarnya apa itu Smart TV yang belakangan ini banyak dijual di mall di Jakarta dan di kota besar di pulau Jawa?


1. Smart TV merupakan Televisi yang terhubung dengan jaringan internet, dimana dapat memungkinkan anda untuk berselancar di dunia maya.

Fitur Smart TV :

-Dilengkapi dengan koneksi internet atau wi-Fi

-Memiliki fitur untuk menampilkan foto

-Dapat memutar Musik

-Memutar Video

2. Produsen Televisi misalnya Sony,Sharp, LG, Samsung, Panasonic, LG sudah mengeluarkan Smart TV andalannya, yaitu:

-Samsung menyediakan kira-kira 1.500 aplikasi untuk internet TV, misalnya video streaming Youtube, CinemaNow, Blockbuster, ESPN Next Level, Napsterm, Facebook, Twitter, serta aplikasi lainnya.

-Sony mengeluarkan BRAVIA Internet Video, dimana anda bisa menerima bermacam-macam aplikasi internet seperti video, musik, foto, serta media sosial.

-LG memiliki fitur aplikasi video seperti CinemaNow, Youtube, foto di Picasa, Facebook dan Twitter.
-Sharp, memberikan layanan ke berbagai program seperti MSNBC Sports, Weatherbug, Access Hollywood, games di Funspot, serta foto di Picasa.

-Panasonic, memberikan bermacam-macam aplikasi khusus seperti video online, Skype, dan aplikasi games. Kita juga bisa berbelanja di toko aplikasi yang disediakan Panasonic.

3. Harga Smart TV sangat bervariasi, mulai dari Rp.4.000.000 sampai dengan puluhan juta Rupiah, tergantung dari fitur maupun aplikasi yang ditawarkan produsen TV.

4. Smart TV menawarkan sensor suara , gerakan tangan atau paduan keduanya untuk mengatur menu pada Smart TV .

-Misalnya, sejumlah merek TV telah menyediakan built-in microphone dan track pad, voice & gesture control, serta face recognition atau fitur pengenalan wajah untuk dapat membuka akses pada profil, aplikasi favorit.

-Betapa gampangnya memilih opsi menu hanya dengan gerakan sapuan tangan serta genggaman untuk menentukan program yang akan dijalankan. Bahkan, memainkan games semisal Angry Bird pun hanya membutuhkan gerakan tangan saja.

5. Kemudahan akan menjadi semakin lengkap bila suatu merek TV bekerjasama dengan sejumlah OS semisal Apple dan Android. Anda dapat mengatur tayangan Smart TV  dengan smartphone.

6. Kendala Smart TV  di Indonesia saat ini tetap ada, yaitu:

--Kecepatan akses internet di Indonesia masih tergolong rendah, apalagi di luar pulau Jawa dan Bali.

--Ada kemungkinan orang Indonesia masih menyukai smartphone ataupun PC komputer , untuk mengakses internet , jika dibandingkan dengan melalui TV.

No comments:

Post a Comment