Sunday 30 December 2012

Tips Supaya Aman Menggunakan Kartu Kredit


Berikut ini merupakan tips supaya aman dalam menggunakan kartu kredit , yaitu:

1. Anda dapat memanfaatkan penawaran diskon atau cicilan dengan bunga Nol Persen.

-Pemakai kartu kredit telah membayar iuran tahunan, jadi akan rugi sekali bila anda tidak menggunakannya secara optimal.

-Salah satu cara memanfaatkan kartu kredit yang anda miliki adalah dengan memperoleh diskon harga serta fasilitas cicilan selama lebih dari 1 tahun tanpa dikenakan bunga.

-Anda juga dapat mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan bunga yang ringan.

2. Gunakan Fasilitas "One Bill" untuk membayar seluruh tagihan bulanan.

-Jika anda termasuk tipe yang mudah lupa serta sering bermasalah dengan berbagai macam tagihan dengan batas waktu pembayarannya tidak sama, maka anda bisa mengalihkan seluruh tagihan tersebut ke kartu kredit dengan fasilitas "Auto Debet".

-Jadi, anda cukup membayar tagihan kartu kredit tiap bulannya.

3. Atur belanja setelah tanggal cetak tagihan. Ingatlah tanggal cetak tagihan kartu kredit

-Jika anda melakukan transaksi setelah tanggal tersebut, maka tagihannya baru akan keluar sebulan kemudian. Tapi perlu dicatat, cara ini akan menambah beban pengeluaran di bulan berikutnya.

4. Simpan kartu kredit dalam dompet terpisah khusus kartu.

-Bila anda termasuk orang yang "gila' kalau sedang berbelanja, maka simpanlah kartu kredit anda di dalam dompet yang terpisah, kemudian simpan di dalam lemari yang dikunci rapat. Anda baru bisa menggunakan dompet tersebut jika benar-benar anda butuhkan.

5. Mintalah kepada bank penerbit, supaya tanggal jatuh tempo pembayarannya disesuaikan dengan tanggal kesanggupan anda bisa membayar.

-Ada orang yang pernah menerima tanggal jatuh tempo pembayarannya 3-4 hari sebelum tanggal gajian, sehingga terpaksa membayar tagihannya telat atau menalangi dulu dengan memakai uang tabungan.

- Untuk itu anda perlu mencoba menegosiasikan tanggal jatuh tempo pembayarannya dengan pihak bank penerbit.

1 comment: