Friday 4 October 2013

Apa Itu Subak, Sejarah Singkat Subak Bali


Apa itu Subak? 

Subak merupakan suatu sistem irigasi yang diwariskan nenek moyang yang secara turun temurun sejak bilangan abad lampau. 

Subak sudah berakar dalam dalam di lubuk hati serta benak penduduk Bali. 

Subak merupakan manifestasi kehidupan sosial, budaya, politik serta agama penduduk pulau Bali.


Menurut Guru Besar Universitas Udayana Bali, Bapak Wayan Windia, Subak adalah:

" Suatu Organisasi sistem pengairan yang mempunyai hak otonomi untuk mengatur dirinya secara luas. Tujuannya yaitu untuk menjamin pembagian air secara adil serta merata, meningkatkan produksi tanah persawahan, dan mengangkat kesejahteraan para anggotanya."

Yang dibanggakan, Persawahan dengan sistem Subak di Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali, sudah dianugerahi oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Berikut merupakan sejarah singkat mengenai Subak dan hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai subak Bali, yakni:

1.  Subak Bali diperkirakan berkembang sejak awal abad ke-7 Masehi. Namun, sumber-sumber tradisional mengatakan bahwa subak sudah ada sejak zaman sebelum agama Hindu berkembang di Pulau Bali.

2. Mengapa abad ke-7?
 Karena para ahli sejarah berpatokan pada sumber Prasasti Sukawana ( 882 M), yang menyebutkan kata "huma" , yang berarti sawah,juga ada bukti lainnya yang menyebutkan subak sudah ada sejak 1000 M, yaitu pada Prasasti Sthanuttunggadewa, yang berangka tahun 1074 M.

3. Lalu, siapa sebenarnya pencetus ide " Subak" di Bali?
Ada 2 pendapat yang mengungkapkan siapa pencetus Subak di Bali, yaitu:

-Subak digagas oleh Raja dengan meminta rakyatnua mengerjakan idenya, lalu Raja bersama-sama dengan rakyatnya mengembangkan sistem subak untuk kesejahteraan bersama-sama.

- Pendapat lainnya yakni:Rakyat pada mulanya membuka lahan,membuat sawah, lalu kemudian menciptakan sistem pengairan yang dinamakan subak .

4. Sebuah subak dipimpin oleh seorang ketua yang disebut dengan istilah Kelihan ( Yang Lebih Tua) atau Pekaseh ( Yang Memimpin Dengan Kasih Sayang ).

5. Ketua Subak ini dipilih oleh karma subak atau anggota warga subak. Ketua yang terpilih lalu dibantu kesinoman ( Yang Lebih Muda ), serta Kelihan Tempek ( Yang Lebih Tua di Lingkungan Desa ).

6. Berapa kira-kira luas Subak di Bali? Subak meliputi tanah seluas 100 hektar.

7. Di Bali, ada 1.193 subak dengan luas tanah 98.679.915 hektar.

No comments:

Post a Comment