Sunday 6 October 2013

Sejarah Cloud Computing ( Komputasi Awan )


Berikut merupakan sejarah singkat Cloud Computing ( Komputasi Awan ),  yaitu:

1. Pada tahun 1960-an,  John McCarthy, seorang ahli komputasi dari Massachusetts Institute Of Technology, mulai memunculkan ide awal dari Cloud Computing ( Komputasi Awan ).

2. Kala itu, John McCarthy mengungkapkan cita-citanya , bahwa kelak nanti komputasi akan menjadi infrastruktur publik seperti halnya telepon dan listrik.

3. Pada tahun 1995, ide Network Computing mulai muncul, setelah Larry Ellison, pendiri Oracle, menuntut dominasi Microsoft.

-Menurut Larry, pemakai konputer tidak harus dijejali sistem operasi dan soft ware lainnya di dalam PC Desktop.
-Penyimpanan data dapat dilakukan di sebuah server yang terhubung dengan komputer dan tiap saat dapat diakses oleh pemakainya.

4. Pada akhir tahun 1990-an, konsep Application Service Provider ( ASP ) mulai muncul, seiiring dengan meningkatnya kualitas jaringan komputer. 
Hal ini dilihat sebagai peluang bisnis oleh beberapa pemilik data center untuk menawarkan fasilitasnya sebagai tempat hosting, sehingga pelanggan tidak perlu investasi di perangkat data center.

5. Pada awal tahun 2000-an, mantan wakil presiden Oracle Marc Benioff  mulai memperkenalkan layanan aplikasi CRM dalam bentuk software as a service, Salesforce.xom, yang menerima banyak sambutan, sesuai dengan mimipnya, End Of Software. 
Berikutnya, seluruh perusahaan besar seperti Amazone, Google sampai dengan IBM, mencoba untuk menghadirkan layanan tersebut. Cloud Computing ( Komputasi Awan ) mulai mencari bentuknya.

6. Cloud Computing ( Komputasi Awan ) di Indonesia mulai dikenal, namun aksinya sangat sedikit. Vendornya sendiri pun dapat dikatakan masih sedikit, seperti Telkom melalui Sigma Cipta Caraka dan PT Lintas Media.





No comments:

Post a Comment