Sunday 20 October 2013

Sekilas Tentang Profesi Ahli Tata Rias dan Make Up: Berapa Penghasilannya?


Berikut ini beberapa sharing dari para remaja yang bisa menghasilkan uang dari profesi tata rias make up, yaitu:

1. Maora Rianti Masya, seorang siswi SMU Negeri 112 Jakarta, mengatakan bahwa , dengan keahliannya mendandani temannya yang akan berpergian ke pesta, ia mendapatkan upah make up sebesar Rp.200.000,-

Maori mengaku keahlian ia mendandani temannya ia dapat dari kakaknya sendiri yang mengajari untuk make up dengan menggunakan kosmetik yang simpel. Hasilnya, ia mendapatkan gelar Runner Up 1 Remaja Ceria Tingkat Jakarta Barat 2012, dan Wajah Fotogenik Remaja Ceria Tingkat DKI Jakarta.

3.  Arsya Nafisa, perempuan berumur 17 tahun , di SMU Pembangunan Jaya, Tangerang Selatan, mengatakan , ia belajar make up dengan mengikuti program Artistic Make Up Certificates untuk Modul 1 : Beauty and Fashion Make Up di Lasalle Collage International di Jakarta, selama 4 bulan.

Hasilnya, Arsya Nafisa mengaku, ia mendapatkan bayaran Rp. 400.000 - 450.000, untuk mendandani siswa SMU yang akan pesta ataupun siswa yang sedang mengikuti pentas seni.

Adapun Arysa mengaku , promosi ia lakukan melalui website maupun media sosial di dunia maya.
Hasilnya, penghasilan Arsya sebagai ahli dandan make up dalam sebulan , mampu mendapatkan penghasilan Rp. 4.000.000 - Rp. 5.000.000,- per bulan.

4. Dewi Alhawary, pemilik dari Dewi Pengantin, mengungkapkan, banyak make up artist asal Indonesia yang bisa sampai ke luar negeri, dan bekerja di perusahaan kosmetik, perusahaan film, dan make up artist untuk fashion show.

Dewi Alhawary mengaku , kini dalam sebulan, ia memperoleh penghasilan dari make up artist mencapai Rp.120.000.000,-

5. Lalu, bagaimana caranya apabila kita tertarik mau mengembangkan bakatnya sebagai tata rias dan ahli make up ?

- Ambil sekolah make up

- Bisa juga kuliah di Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

- Kalau sekarang, harus pintar memanfaatkan jejaring sosial untuk berpromosi. Jika anda sudah memiliki banyak pengalaman dalam merias make up , maka anda baru bisa memasang tarif lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment