Tuesday 1 October 2013

Sejarah Asal Usul Dodol Picnic, Dodol Khas Garut, Jawa Barat


Berikut ini merupakan sejarah atau asal usul Dodol Picnic, dodol khas Garut, Jawa Barat, yaitu:


1. Bermula dari tahun 1950-an, dimana 2 saudara, yakni Aam Mawardi dan Iton Damari, membuat dodol di Garut, Jawa Barat.

2. Muncul keinginan dari 2 saudara tersebut untuk mencoba menjual dodol Garut tersebut ke Bandung, dengan pertimbangan sederhana: kota Bandung lebih ramai daripada kota Garut.

3. Sesampainya di Bandung, 2 saudara ini pergi berkunjung ke daerah Pasir Koja, dan melihat sebuah toko kelontong yang kelihatan selalu ramai dipenuhi para pengunjung, yang kebanyakan berasal dari kelas menengah ke atas.

4. Adapun toko kelontong tersebut bernama Toko Picnic. Dua bersaudara ini mencoba berbelanja di toko tersebut, sambil mempelajari kemasan produk makanan yang ditawarkan di toko tersebut.

5.Lama-kelamaan, 2 bersaudara ini berhasil menjual dodol mereka di toko Picnic tersebut. Dari sinilah, dodol mereka dikenal dengan nama dodol Picnic.

6. Setelah memakan perjalanan waktu yang cukup panjang, peredaran dodol Picnic tersebut berhasil masuk sampai ke Pasar Baru, Bandung.

7. Saat ini generasi kedua, yaitu Ato Hermanto, yang menjabat sebagai Direktur PT Herlinah Cipta Pratama, perusahaan yang membuat Dodol Picnic, mulai menjabat sejak tahun 2000.

8. Dodol Picnic Garut mulai melakukan varian baru agar konsumen tidak merasa bosan, seperti, dengan variasi rasa dodol dengan buah-buahan, rasa cokelat, kombinasi dodol dengan brownies.

9. Saat ini, perusahaan dodol  Picnic Garut mempunyai 350 karyawan, membutuhkan 2-3 ton beras ketan, dimana mereka memakai beras ketan lokal dari Garut, sebab kualitas beras ketan tersebutlah yang paling baik untuk membuat dodol Picnic Garut.

10. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dodol Picnic Garut untuk mempertahankan eksistensinya, adalah dengan membuka kunjungan ke pabrik dodol, baik bagi rombongan, maupun perorangan.

11. Mengapa dodol Picnic Garut tidak melakukan ekspansi menjual dodol sampai ke luar negeri?

Jawabannya sederhana, hal tersebut karena masa kedaluwarsa dodol Garut Picnic, hanya bertahan 3 minggu, karena tidak memakai bahan pengawet.

1 comment:

  1. `````````````````````````Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. xyz
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
    dewa poker

    ReplyDelete