Sunday 27 October 2013

Apa Saja Kontroversi dalam Buku Otobiografi Alex Ferguson?


Pada hari Rabu, 23 Oktober 2013, di London, Inggris, mantan pelatih yang legendaris klub sepakbola Manchester United, menerbitkan buku otobiografinya yang berjudul "My Autobiography".

Namun, ternyata Alex Ferguson menyemburkan kata-kata yang "membuat telinga panas" terhadap para mantan pemainnya yang ia latih di Manchester United.

Kritikan pedas Sir Alex Ferguson menjadi sebuah kontroversi karena kritikan tersebut tidak pernah ia lontarkan saat ia masih aktif menjadi pelatih di MU.

Berikut ini merupakan beberapa kritikan pedas Sir Alex Ferguson terhadap para mantan pemainnya, yaitu:

1. Ferguson mengenai David Beckham
"Pada menit pemain MU berpikir dia lebih besar dari manajernya, ia harus pergi. David Beckham berpikir dirinya lebih besar dari Alex Ferguson."

2. Ferguson mengenai Cristiano Ronaldo
Ketika Ronaldo hijrah ke Real Madrid, Ferguson berkata," Saya tahu kamu ingin pindah, namun saya lebih baik menembakmu daripada menjualmu..."

3. Ferguson mengenai Wayne Rooney

Mengenai adanya rencana Wayne Rooney yang tidak mau memperpanjang kontrak di tahun 2010, Ferguson berkomentar, " Saat itu merupakan episode yang memprihatinkan bagi Wayne, sebab ia dicitrakan sebagai pengejar uang. Ia meninggalkan racun ketidakpercayaan bagi para penggemar..."

Wayne Rooney mengomentari kritikan Ferguson , " Saya belum pernah bertemu dengan Ferguson lagi. Namun yang paling penting bagi saya yaitu mencapai yang paling baik di bawah pelatih David Moyes beserta team-nya. Hal-hal lain tidak perlu saya khawatirkan...."

4. Ferguson mengenai Roy Keane

" Bagian badan Roy yang paling menyulitkan saya adalah lidahnya. Saya paling ingat ketika berdebat dengan Keane. Saya lihat matanya sangat menakutkan untuk saya lihat: matanya sangat menyipit...."
Roy Keane menanggapi kritikan Ferguson, " Ia bisanya mengritik para pemain yang membuatnya dulu sukses. Aku tidak akan pernah lupa mengenai hal tersebut. Banyak sekali para pemain yang membantunya  memenangi banyak trofi."

5. Ferguson mengenai Mark Bosnich
" Mark memulai langkah dengan sangat buruk sekali. Ia bahkan datang terlambat ke tempat latihan di hari pertama sampai 3 jam, serta saya ingat ia kelebihan berat badan...."

Mark Bosnich menanggapi komentar Ferguson, " Bila ia pergi ke Australia, aku mau bertemu serta bica langsung dengannya, langsung di depan wajahnya dan aku mau minta ia mengulangi kritikannya lagi...."

6. Ferguson mengenai Rafel Benitez, mantan Pelatih Liverpool

Alex Ferguson mengkritik Benitez sebagai orang yang pandir serta tidak tertarik dalam membangun relationship.

7. Ferguson mengenai Edwin Van Der Sar ( Kiper ).
"Edwin dan Peter Schmeichel merupakan 2 pribadi yang sangat berbeda. Peter merupakan tukang berkelahi, dan suka mengecam semua bek. Sementara Edwin sangat tenang , dan hal tersebut dahsyat untuk para bek kami."

8. Ferguson mengenai Klub Manchester City
" Mereka tidak memiliki cukup para pemain yang mengerti akan arti pencapaian mereka, menjadi juara setelah 44 tahun."
Ferguson rupanya masih sakit hati akan kekalahan klubnya dari Manchester City pada musim 2011-2012.

No comments:

Post a Comment