Sunday 6 October 2013

Tips Mendaki Puncak Gunung


Berikut ini beberapa tips yang perlu anda ketahui, sebelum berniat mendaki puncak gunung, yaitu:

1.  Pakailah ransel / carrier yang memiliki ukuran 30 - 40 liter untuk membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan, misalnya:

- Pakaian

- Celana

- Makanan instan

- Senter

- Jas hujan

- Sleeping Bag / Kantor tidur

- Alat Navigasi

-Obat-obatan pribadi

Supaya semuanya tidak basah, ada baiknya seluruh barang yang anda mau bawa dibungkus dengan plastik terlebih dahulu, baru lalu dimasukkan ke dalam ransel/ carrier.

2. Ketahui kemampuan fisik anda, sebab dengan mengenali kemampuan fisik anda sangat penting dalam mengetahui keadaan fisik tubuh anda, contohnya ketika pendakian gunung dilakukan , maka anda harus dapat mengatur istirahat supaya kondisi tubuh kita tetap fit.

3. Tetap kompak  dalam kelompok anda , saat melakukan pendakian ke puncak gunung. Bersama dengan teman dalam 1 kelompok sangat penting untuk berbagi, bekerjasama serta tolong menolong dalam melakukan pendakian ke puncak gunung.

4. Air minum.
Waktu pendakian ke puncak gunung sangat melelahkan sehingga dapat membuat badan menjadi kekurangan cairan. Jadi, air mesti selalu ada dalam tiap pendakian.

5. Pakai Sepatu Hiking
Sepatu hiking yang cocok dengan ukuran kaki anda , akan sangat membantu kegiatan pendakian ke puncak gunung, dimana dapat meminimalisir rasa sakit di kaki dan meminimalisir resiko terjadinya cedera.

6. Obat-obatan
Bila anda punya masalah dengan sakit asma, maag, luka bakar, serta kejadian tidak terduga lainnya, maka obat-obatan pribadi sangat dianjurkan untuk dibawa untuk berjaga-jaga manakala anda sedang mendaki ke puncak gunung.

No comments:

Post a Comment