Thursday 3 October 2013

Lima Hal Yang Perlu Dilakukan dan Dipertimbangkan Sebelum Anda Mengambil Franchise


Berikut ini merupakan 5 hal yang perlu anda perhatikan dan lakukan sebelum anda mengambil Franchise, yaitu:



1. Mula-mula, anda perlu mengetahui dulu kelebihan diri anda sendiri, sebab dengan mengetahui kelebihan anda,  maka anda menjadi lebih gampang untuk mengukur apa saja yang anda butuhkan untuk menutup kekurangan anda. Kekurangan anda inilah yang akan ditutup oleh bantuan support dari Franchisor pemilik bisnis yang kita inginkan.

2. Anda perlu mencari informasi mengenai seberapa ahli si Franchisor dalam menjalankan bisnisnya, serta apakah si Franchisor telah mendaftar atau mempunyai STPW / Surat Pendaftaran Waralaba. Kita bisa mengukur dari berapa lama mereka berbisnis, atau jumlah outlet mereka yang sukses, atau diskusi bisnis.

3. Anda perlu meminta kepada Franchisor , untuk memberitahukan anda mengenai bantuan apa saja yang akan Franchisor berikan kepada anda pada saat mulai menjalankan bisnis, contohnya:
- Adanya pelatihan ,
- Cara merekrut pegawai,
- Pengadaan bahan baku,
- Pemilihan lokasi bisnis,
- Desain tempat usaha (outlet ),
- Adanya panduan SOP / Standar operasional perusahaan, dalam bentuk dokumen,
- Adanya bantuan saat pembukaan opening,
- Tata cara pemasaran.

4. Anda perlu meminta kepada Franchisor, bahwa selama anda menjadi Franchisee-nya, bantuan apa saja yang akan anda dapatkan, program pemasaran apa saja yang akan mereka jalankan untuk membantu kita, rencana jangka panjang apa saja dari Franchisor untuk menjaga eksistensi brand-nya.

5. Jangan langsung menjatuhkan pilihan, lebih baik kembali tanyakan dan renungkan kepada diri anda sendiri, sebetulnya bisnis apa yang paling anda minati, sudah siapkah mental serta modal anda.
Tak ada Franchisor yang sempurna, karena itu anda mesti betul-betul membuatnya bersinergi dengan kemampuan anda.

Franchisor tidak mencari orang yang luar biasa, tetapi mereka hanya mencari orang yang memiliki minat pada usaha mereka, mempunyai modal dan mau untuk bekerja sama dengan cara setuju serta mau mengikuti aturan main Franchisor.



No comments:

Post a Comment