Saturday 26 October 2013

Apakah Sehat Jika Makan Mie dengan Nasi Putih?


Banyak masayarakat Indonesia mempunyai kebiasaan menyantap mie instan dengan nasi putih, yang
sebenarnya bukan merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan manusia.

Mengapa demikian?

Perlu kita ketahui, makan itu perlu dipertimbangkan kecukupan gizinya, yaitu karbohidrat, protein, lemaknya, mineralnya.

Perlu kita ketahui, bahwa mengkonsumsi nasi putih porsi kecil ( ukuran nasi Padang ) , itu sudah 400 kalori. Mie instan itu 300-350 kalori. Berarti mengkonsumsi nasi putih berbarengan dengan mie instan itu sama dengan mengkonsumsi 750-800 kalori per porsi.

Secara normal, makanan yang masuk ke tubuh akan dicerna, dan tubuh akan menghasilkan hormon insulin. 

Jadi apabila kita makan dengan kadar kalori tinggi dapat mengakibatkan insulin akan melonjak tinggi , lama - kelamaan, tubuh kita akan resisten terhadap insulin, dan pankreas tubuh akan menjadi "lelah"  karena insulin terlalu banyak dikeluarkan tubuh, sehingga bisa menimbulkan diabetes.

Resiko lainnya, dengan mengkonsumsi mie instan berbarengan dengan nasi, akan mengakibatkan karbohidrat menjadi berlebihan, dimana anda juga malas berolahraga, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak oleh tubuh, menumpuk di hati sehingga terjadi penumpukan lemak di hati dan di perut sehingga mengakibatkan resiko diabetes.

Tahukah anda, apabila ukuran lingkar perut melebihi setengah tinggi badan , adalah pertanda tubuh anda rentan terserang berbagai macam penyakit, seperti diabetes.

No comments:

Post a Comment