Monday 7 October 2013

Mengenal Sekilas Peternak Susu Kuda Liar Sumbawa



Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai sekilas kehidupan peternak susu kuda liar Sumbawa, yaitu:


1. Salah satu desa yang cukup terkenal dalam membudidayakan susu kuda liar Sumbawa , adalah desa Sanoe, Kabupaten Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.



2. Tiap kuda liar Sumbawa yang diternakkan akan menghasilkan susu sebanyak 3 liter sehari, dimana di tingkat peternak , susu kuda liar Sumbawa akan dijual seharga Rp. 25.000 per liter.

3. Adapun masa produktif kuda liar Sumbawa dalam menghasilkan susu hanya 6 bulan dalam setahun, yakni ketika kuda telah selesai melahirkan anaknya.

4. Bila dalam 1 hari , Kuda Sumbawa menghasilkan 3 Liter susu, maka dalam 6 bulan ,  Kuda Sumbawa akan menghasilkan 540 Liter susu kuda liar Sumbawa. 
Artinya tiap peternak akan meraup pendapatan sebanyak Rp.13.500.000,- untuk 6 bulan, atau Rp. 2.250.000,- per bulan.

5. Berapa modal dalam membeli 1 ekor kuda Sumbawa betina yang sudah siap menghasilkan susu? Rp.6.000.000,- per ekor jawabannya.

6. Mengapa susu yang dihasilkan Kuda Sumbawa disebut sebagai susu kuda liar?

- Karena setelah masa produksi susu selesai, maka kuda tersebut dilepasliarkan di padang rumput dan perbukitan yang tidak jauh dari rumah si empunya.

- Saat dilepasliarkan itulah, kuda -kuda tersebut bertemu dengan kuda lainnya.

- Juka kudanya hamil, maka kuda tersebut dipindahkan kembali ke kandangnya, sampai dengan si kuda Sumbawa tersebut melahirkan anaknya dan menyusuinya.

7. Adapun waktu  yang tepat dalam memerah susu kuda liar Sumbawa, adalah saat jam 7.00 , 11.00, 15.00 dan seterusnya, diperah tiap 4 jam sekali. 

No comments:

Post a Comment