Saturday 10 November 2012

Apa itu Asuransi Jiwa Unit Link?


Banyak orang belum mengetahui apa itu Asuransi Jiwa Unit Link?

1. Asuransi Jiwa Unit Link merupakan produk asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan dan manfaat investasi, contohnya reksadana.

2. Tiap premi yang telah dibayar nasabah, maka akan dialokasikan sebagian premi tersebut untuk biaya asuransi, dan sisanya baru akan diinvestasikan ke dana investasi yang dikehendaki.

3. Perlu diketahui, bahwa Asuransi Jiwa Unit Link tetap memiliki resiko. Jadi, produk ini bukan produk yang bebas resiko sama sekali.

4. Jika ditinjau dari segi penempatan dana investasi, maka unit link akan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

-Unit link pasar uang
-Unit link pendapatan tetap
-Unit link pendapatan campuran
-Unit link saham
-Unit link syariah


5. Jika ditinjau dari segi tujuan investasi, maka unit link ada beberapa macam, misalnya unit link untuk pendidikan anak, unit link penisun dan lain-lain.

6. Jika ditinjau dari segi pembayaran premi, penempatan dana dan tujuan investasi, maka unit link dibagi menjadi:

-Unit  link premi tunggal, yaitu nasabah mesti membayar premi sekaligus di muka, dan selanjutnya nasabah akan bebas premi. Unit link ini sangat baik untuk nasabah yang telah mapan secara financial, sebab nilai premi pun termasuk paling besar di antara jenis asuransi lainnya.

-Unit link  sistem berkala, yaitu nasabah mesti membayar premi secara bertahap, bisa tiap bulan, kuartal maupun tahun sampai dengan kurun waktu tertentu. Unit link ini sangat baik untuk nasabah yang mau memperoleh proteksi serta investasi secara bersamaan, namun dengan keuangan yang terbatas.

No comments:

Post a Comment