Sunday 18 November 2012

Mari Mengenal Mobil Listrik dan Berapa Biaya Baterai Mobil Listrik



Berikut ini merupakan hal-hal mengenai mobil listrik yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Mengapa harga mobil listrik lebih mahal jika dibandingkan dengan harga mobil biasa berbahan bakar bensin?
Jawabannya adalah sebab  harga baterai ion litium yang mahal harganya.

2. Walau mahal, namun perawatan mobil listrik relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya perawatan mobil bensin biasa. Mengapa?
Jawabannya  bisa digambarkan melalui jumlah suku cadang mobil.

-Bila mobil berbahan bakar bensin memiliki ratusan suku cadang bergerak, maka mobil listrik hanya mempunyai 5 suku cadang bergerak.

-Bisa dibayangkan bukan berapa besaran biaya perawatan yang harus dikeluarkan pada masing-masing mobil dan dapat dengan mudah ditebak bahwa biaya perawatan mobil listrik lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

3. Perusahaan mobil listrik Tesla Motors , kini sudah menciptakan teknologi baterai komputer jinjing di mobil listrik mereka.

4. Perusahaan mobil listrik Tesla Motors mengklaim bahwa baterai temuan mereka 3-4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan baterai mobil listrik biasa.

5. Bila baterai konvensional menghabiskkan 700-800 dollar AS per kilowatt jam, maka baterai yang  memakai sel dari komputer jinjing ini hanya 200 DollarAS.

6. Dengan temuan Tesla Motors, maka akan memungkinkan turunnya harga mobil listrik yang menggunakan teknologi temuan mereka, misalnya Toyota RAV4 EV, Smart ED, dan Model X.

7. Harian New York Times memperkirakan harga baterai akan berada di harga 400-500 Dollar AS per kilowatt-jam.

8. Sebuah pertanyaan mengemuka, bagaimana cara menghitung biaya per kilometer mobil listrik?

- Untuk menetapkan nilainya cukup sukar, sebab fakta memperlihatkan bahwa kapasitas baterai akan berkurang sedikit demi sedikit , tiap kali pengisian ulang dilakukan.

-Walaupun secara pemakaian telah "habis", baterai bekas pakai ini masih mempunyai nilai guna sebab masih tetap bisa digunakan untuk tujuan lainnya atau di daur ulang kembali.


9. Bagaimana cara merawat baterai mobil listrik?

-Oleh sebab baterai pada mobil listrik terdiri dari sel-sel individu yang pemakaiannya tidak merata, penggantian sel yang telah rusak secara periodik bisa mempertahankan jarak tempuh mobil listrik.


10. Baterai Tesla Roadster yang besar bisa bertahan selama 7 tahun dengan pemakaian normal.

11. Harga baterai Tesla Roadster berkisar 12.000 Dollar AS.

12. Pada tahun 2010, pemerintah Amerika Serikat memperkirakan harga baterai dengan jarak tempuh 160 kilometer akan berharga sekitar 33.000 Dollar AS.

13. Saat ini publik masih mengkhawatirkan ketahanan dan masa pakai baterai mobil listrik.

No comments:

Post a Comment