Tuesday 20 November 2012

Kronologis Kasus Perselingkuhan dan Pengunduran Diri Direktur CIA Amerika Serikat, David Petraeus

Berikut ini merupakan kronologis kasus perselingkuhan serta pengunduran diri Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat ( CIA ) Amerika Serikat, David Petraeus, yaitu:

1. David Petraeus merupakan seorang purnawirawan jendral bintang 4 yang mempunyai jejak karier sangat bagus di dalam peperangan di Irak serta Afganistan.

2. Kasus ini bermula dari sebuah email yang dikirimkan di bulan Mei 2012 oleh seseorang yang menggunakan nama palsu "Kelley Patrol" yang ditujukan kepada Jendral John Allen, seorang komandan pasukan Amerika Serikat di Afganistan.

3. Isi email tersebut meminta Allen untuk menjauh dari Jill Kelley ( 37 tahun ), yang merupakan sosialita warga Tampa, Florida, yang dikenal oleh Allen beberapa tahun sebelumnya.

4. Allen lalu tidak menghiraukan email tersebut sebab ia kira itu sebuah lelucon saja.

5. Di bulan Juni dan Juli 2012, Jill Kelley menerima email dari akun yang sama.

6. Isi email tersebut menanyakan mengenai apa urusan Jill Kelley ( ibu dari 3 orang anak ), mendekat-dekati Allen dan Petrateus, dan menanyakan juga apakah suami Kelley tahu hal tersebut.

7. Karena gerah dan terganggu, Jill Kelley lalu menghubungi sahabatnya yang berupa seorang agen penyelidik Biro Investigasi Federal Amerika Serikat ( FBI ), yang bernama Frederick Humphries.

8. Frederick Humphries lalu meminta para ahli kejahatan siber FBI untuk melacak email-email tersebut, yang kemudian berujung pada akun Gmail kepunyaan Paula Broadwell ( 40 tahun ), ibu dari 2 orang anak.

9.  Paula Broadwell ( 40 tahun ) merupakan salah satu penulis dari buku biografi Petrateus.

10. Dilakukanlah pemantauan terhadap akun email tersebut yang akibatnya tak disangka mengungkap komunikasi antara Petrateus dengan Broadwell yang mengisyaratkan adanya hubungan cinta terlarang di antara mereka berdua.

11. Pertanyaannya, bagaimana cara Petrateus berkomunikasi dengan Broadwell?

12. Caranya, mereka berkomunikasi dengan 1 akun email, lalu menulis pesan namun tidak dikirim. Pesan yang telah ditulis tersebut akan disimpan dalam berkas rancangan surat ( draf ), yang lalu akan dibaca si penerima pesan yang sudah mengetahui kata sandi akun email tersebut.

13. Muncul kecemasan dari FBI apakah telah terjadi kebocoran rahasia negara, mengingat telah ditemukannya beberapa dokumen rahasia di akun email Broadwell.

14. Empat bulan berikutnya, FBI menarik kesimpulan bahwa tidak pernah terjadi kebocoran dokumen rahasia negara dan tindakan kejahatan berbahaya lainnya, sehingga kasus itu pun akan ditutup.

15. Frederick Humphries lalu menganalisis bahwa keputusan FBI mau menutup kasus tersebut sarat dengan kepentingan politik dimana terjadi saat menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat  saat itu.

16.Frederick Humphries lalu menghubungi sahabatnya yang merupakan seorang anggota DPR Amerika Serikat dari Partai Republik, bernama  David Reichert.

17. Reichert lalu memberikan informasi yang baru saja ia terima kepada pemimpin mayoritas DPR Amerika Serikat bernama Eric Cantor, yang sangat dikenal publik sebagai pengkritik utama Presiden Obama.

18. Eric Cantor lalu menelpon Direktur FBI bernama Robert Mueller pada tanggal 31 Oktober 2012 untuk mempertanyakan kebenaran kasus perselingkuhan tersebut.

19. Petrateus yang lalu mengetahui bahwa rahasia skandal perselingkuhannya dengan Broadwell sudah bocor, maka ia mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Obama, 2 hari setelah Presiden Obama menang pemilu Amerika Serikat 2012.

No comments:

Post a Comment