Sunday 18 November 2012

Biografi Biodata Profil Pemimpin Baru Cina 2012, Xi Jinping


Berikut ini merupakan biografi profil pemimpin baru negara Cina 2012 yaitu:


Nama    :

Xi Jinping

Tempat dan Tanggal Lahir:
Beijing, China,1 Juni 1953

Istri:
Peng Liyuan

Anak:
Seorang puteri

Karier:
-Bergabung dengan Partai Komunis , 1974

-Sekretaris Partai Komunis kabupaten Zhengding, Provinsi Hebel

-Wakil Walikota Xiamen

-Ketua Komite Utama Kongres Rakyat Fuzhou

-Gubernur Provinsi Fujian

-Sekretaris Partai Komunis China Provinsi Zhejiang dan Ketua Komite Utama Kongres Rakyat Provinsi Zhejiang, 2003-2007

-Anggota Komite Utama Politbiro Partai Komunis dan Sekretaris Komite Pusat Partai Komunis China, 2007



Berikut ini mengenai profil Xi Jinping , pemimpin baru Cina, yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Xi Jinping lahir pada tahun 1953. Ia merupakan putera mantan Perdana Menteri Xi Zhongxun, yang juga mantan Wakil Ketua Parlemen Cina.

Oleh sebab itulah, Xi Jinping dijuluki sebagai "Princeling", yaitu suatu julukan bagi putera-puteri penguasa China yang sedang berkuasa, telah pensiun, atau yang telah meninggal dunia.

2. Xi Jinping muda tinggal di pedesaan, tempat pembuangan ayahnya yang dulu seorang reformis, yang dulu pada era Mao Zedong, disingkirkan oleh sebab dianggap berbahaya bagi kelangsungan Partai Komunis Cina.

3. Xi Jinping lalu memutuskan untuk kuliah di bidang teknik kimia di Tsinghua University, Beijing.

4. Xi Jinping belajar mengenai teori Marxis dan mendapatkan gelar doktor hukum dari Tsinghua University. Adapun masa kuliahnya berlangsung di pertengan tahun 1970-an.

5.Xi Jinping muncul sebagai pemimpin di pedesaan di Provinsi Hebei yang mengitari Beijing di awal tahun 1980-an.

6. Xi Jinping berasal dari nenek moyang yang tinggal di Provinsi Shaanxi, markas para pejuang. Ia diangkat menjadi Gubernur Provinsi Fujian di Agustus 1999.

7. Di Bulan Maret tahun 2007, Xi Jinping berhasil menjadi pemimpin tertinggi di Shanghai, dimana ia berhasil menyingkirkan pemimpin pendahulu yang terkena skandal korupsi, Chen Liangyu.

8. Di bulan Oktober 2007, Xi Jinping dipilih menjadi salah satu anggota Komite Utama Partai Komunis. Di sinilah, Xi Jinping belajar masuk kedalam jajaran elite.
Namun, Xi Jinping tetap menjaga dirinya supaya tidak terjatuh kedalam skandal korupsi yang dilakukan oleh para pendahulunya.

9. Xi Jinping menikah dengan Peng Liyuan, seorang penyanyi Shanghai.
Awalnya istrinya , Peng Liyuan, di tahun 2007, lebih terkenal pamornya sebagai penyanyi ketimbang Xi Jinping. Namun, sang istri pun diminta menjaga status supaya tidak terlampau menonjol, sesuai dengan amanat partainya sehubungan dengan keinginan para elite partainya yang ingin membina Xi Jinping untuk menjadi pemimpin China berikutnya.

10. Lee Kwan Yiew, seorang pendiri negara Singapura, mengatakan bahwa Xi Jinping adalah seorang yang ingin menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa menodai dirinya dan keluarganya. Xi Jinping merupakan seorang pribadi yang enak untuk diajak berbicara.

11. Kevin Rudd, mantan Perdana Menteri Australia, mengatakan bahwa Xi Jinping merupakan orang yang mengerti betul mengenai aturan main bisnis internasional, di samping sikapnya yang baik mengenai investor asing.

12. Xi Jinping dikenal sebagai orang yang sangat gencar untuk merayu kedatangan para investor Taiwan, yang sangat berperan besar pada awal pembangunan ekonomi China.

13. Isu terakhir mengenai Xi Jinping adalah saat ini Xi Jinping sedang mengalami sakit punggung ketika berenang. Xi Jinping mesti menaati wejangan dokter untuk beristirahat serta menjalani fisioterapi.


No comments:

Post a Comment