Wednesday 7 November 2012

Sekilas Asal Usul Labu Lentera Jack O Lantern yang Biasa Muncul di Perayaan Halloween


Berikut ini merupakan sejarah asal mula singkat mengenai Labu Jack O lantern , labu yang biasa muncul saat perayaan Halloween tiba, yaitu:

1. Tradisi memahat wajah Jack O lantern  di buah labu di setiap perayaan Halloween, baru mulai muncul di tahun 1860-an di negara Amerika Serikat.

2. Legenda Jack O Lantern disebutkan berasal dari Irlandia, namun ada juga yang mengatakan berasal dari Skotlandia atau di Newfoundland.

3.Dituturkan bahwa legenda tersebut menyebutkan seorang petani yang sangat pelit, yaitu Jack. 

4. Sejumlah cerita menyebutkan bahwa Jack melakukan negosiasi dengan iblis dalam beberapa pertemuan , supaya mendapatkan perpanjangan waktu tinggal di dunia ini.

5. Menurut versi cerita lainnya, mengatakan bahwa Jack merupakan seorang lelaki yang sebenarnya baik, serta berhasil mengalahkan godaan setan, namun si setan melakukan pembalasan dengan membuat Jack menjadi sukar mati.

6. Semua versi cerita mempunyai persamaan ending-nya yaitu Jack membawa-bawa lentera yang dibuat dari buah labu atau buah kundur. Jack berjalan tanpa memiliki tujuan, dan mencari tempat untuk beristirahat. Saat itulah, ia kemudian disebut sebagai "Jack of The Lantern"  atau "Jack O'Lantern".
7. Dari mana asalnya sebutan "Jack O'Lantern"?

-Sebutan "Jack O'Lantern" datang pertama kali oleh pengarang Amerika Serikat, Nathaniel Hawthrone, di sebuah cerita pendek dari Twice -Told Tales, yang dicetak pada tahun 1987.

-John Greenleaf Whittier menyebutkan soal "memahat wajah buruk rupa pada labu" di puisinya yang berjudul The Pumpkin , yang diterbitkan pada tahun 1850.

No comments:

Post a Comment