Sunday 11 November 2012

Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Apa saja dampak negatif akibat kurang tidur bagi kesehatan tubuh manusia?

1. Tidur yang cukup adalah 6-8  jam per hari. Kurang tidur bisa mengakibatkan emosi memjadi labil, sebab kurang tidur mengakibatkan meningkatnya hormon stress, sehingga orang menjadi lebih gampang terpancing emosi seperti gampang tersinggung, merasa cemas, dan emosi negatif lainnya.

2. Susah Berkonsentrasi.

Kurang tidur dapat mengakibatkan anda bisa kurang konsentrasi, akibatnya:

- Jika anda sedang menyetir dalam perjalanan ke suatu tempat, mengakibatkan resiko kecelakaan mungkin dapat terjadi.

- Jika anda dalam suasana sedang bekerja, maka kurang konsentrasi dapat mengakibatkan produktivitas menjadi terhambat.

-Kurang konsentrasi mengakibatkan daya ingat menjadi menurun. 

Mengapa demikian? 
Karena menurut Peneliti dari Perancis dan Amerika Serikat , menemukan bahwa kegiatan otak yang dinamakan sharp wave ripples bertanggungjawab menguatkan memori pada otak. Kegiatan ini terjadi saat anda sedang tidur.


3. Reaksi motorik menjadi berkurang.
-Kurang tidur mengakibatkan reaksi motorik anda menjadi berkurang, hal ini dikarenakan tubuh anda menjadi mudah lemas dan gampang capek. 
Akibatnya semangat pun menjadi menurun, sehingga menjadi malas untuk bergerak serta menjadi kurang antusias dalam melakukan sesuatu pekerjaan.

4. Nafsu makan menjadi bertambah.
Mengapa kurang tidur mengakibatkan nafsu makan menjadi bertambah?
Hal ini diakibatkan karena hormon leptin yang membantu mengendalikan nafsu makan menjadi berkurang. 
Akibatnya, nafsu makan menjadi meningkat, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat pun menjadi meningkat pula.

5. Badan menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin.
-Apa itu hormon insulin?
Hormon insulin adalah hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel.
- Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang kurang tidur kurang dari 6 jam per malam , akan tidak bisa mengolah gula secara maksimal.

6. Berkurangnya sistem kekebalan tubuh.
- Sisttem kekebalan tubuh menjadi berkurang oleh sebab organ-organ di dalam tubuh manusia tidak menerima waktu untuk beristirahat yang cukup, sehingga sistem metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu, sehingga resiko gangguan kesehatan , misalnya flu menjadi meningkat pula.

7. Dalam jangka waktu panjang, akan terkena resiko penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker dan osteoporosis.

8. Kurang tidur menjadikan orang mudah depresi, sebab hormon stress menjadi meningkat, sehingga emosi negatif yang terjadi secara terus-menerus mangakibatkan kelelahan mental yang mengakibatkan depresi.

9. Kurang tidur menjadikan resiko penuaan dini, dimana kurang tidur yang kronis akan membuat timbulnya garis-garis halus pada muka anda, kulit nampak kusam, serta munculnya lingkaran hitam di bawah mata anda.

10. Hormon stress ( kortisol ) yang dilepaskan akibat kurang tidur, akan memecah kolagen kulit atau protein ( kolagen bermanfaat membuat wajah menjadi halus dan elastis ) yang mengakibatkan wajah menjadi tampak tua, kuyu serta lelah.

11. Produksi hormon pertumbuhan menjadi berkurang, sehingga pertumbuhan seseorang pun menjadi kurang maksimal.


No comments:

Post a Comment