Wednesday 14 November 2012

Apa itu Black Garlic atau Bawang Hitam dan Manfaatnya?

Banyak orang Indonesia belum mengetahui sebenarnya apa itu Bawang Hitam , apa kegunaan Bawang Hitam, berikut ini merupakan penjelasannya, yaitu:


1. Black Garlic atau Bawang Hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih.

2. Black Garlic atau Bawang Hitam memiliki tekstur lembut serta rasa yang gurih dan ringan.

3. Karena Black Garlic atau Bawang Hitam merupakan hasil fermentasi, maka aromanya tidak terlalu tajam, namun dapat menghasilkan rasa masakan yang lezat.


3. Keunikan Black Garlic atau Bawang Hitam adalah walaupun bagian kulitnya telah hitam, namun bagian dalamnya tetap putih bersih.

4. Black Garlic atau Bawang Hitam memiliki bentuk seperti buah kering dan berwarna hitam.

5. Awalnya, Black Garlic atau Bawang Hitam diperkenalkan sebagai produk kesehatan di Korea.

6. Dalam legenda Tao, Black Garlic atau Bawang Hitam dipercaya mempunyai kegunaan untuk hidup abadi. Namun, yang jelas, Black Garlic atau Bawang Hitam memang memiliki manfaat dua kali lebih besar dibandingkan dengan bawang putih biasa.

7. Proses fermentasi Black Garlic atau Bawang Hitam membutuhkan waktu 40 hari.

Bawang putih banyak mengandung gula serta asam amino. Namun jika difermentasikan, maka  kedua zat tersebut menghasilkan melanoidin, yaitu salah satu elemen yang penting yang dapat membuat bawang putih menjadi hitam.

Jadi prosesnya adalah bawang putih dengan kualitas paling bagus, dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 25-30 derajat celcius.

Tinggi suhu tidak boleh berlebih, sebab kalau berlebih bawang putih akan menjadi gosong.


8. Black Garlic atau Bawang Hitam memiliki antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa.

9. Sebagian orang meyakini bahwa Black Garlic atau Bawang Hitam mengandung S-allycysteine, yaitu suatu senyawa yang tengah diperbincangkan sebagai komponen alami yang telah dibuktikan bisa  mencegah timbulnya penyakit kanker.

10. Sejumlah orang ada yang menyantap langsung Black Garlic atau Bawang Hitam, dengan tujuan:
-Untuk mendapatkan kelezatannya.
-Untuk proses detoksifikasi, sebab Black Garlic atau Bawang Hitam  dipercaya dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh.

11. Walaupun di Indonesia , Black Garlic atau Bawang Hitam  masih asing didengar, namun di sejumlah restoran di hotel Jakarta sudah menggunakan Black Garlic atau Bawang Hitam sebagai bumbu andalan dalam hidangan utamanya.

12. Di Amerika Serikat, Black Garlic atau Bawang Hitam  bahkan dijual dalam kemasan botol kaca dan dijual dengan harga yang cukup mahal, sebab proses pembuatannya memakan waktu cukup lama.

No comments:

Post a Comment