Monday 12 November 2012

Resensi Sinopsis Film Atambua 39 Celcius


Berikut ini merupakan sinopsis resensi film Atambua 39 Celcius, yaitu:

1. Film Atambua 39 Celcius disutradarai oleh Riri Reza dan diproduseri Mira Lesmana, dengan pemeran Gudino Soares, Petrus Beyleto dan Putri Moruk.

2. Film Atambua 39 Celcius dibuka dengan adegan seorang tua yang melihat dari kejauhan pada hari siang yang sangat panas dan berkata dalam bahasa Tetum, "Dulu saya bisa berburu kesana, sampai jauh. Tapi sekarang, saya sudah tidak bisa lagi berburu kesana. Apa yang terjadi dalam kehidupan kita?"

4. Atambua 39 Celcius menceritakan mengenai betapa dekat dan jauhnya Orang Timor dan Timor Leste, yang dipisahkan oleh tapal batas Indonesia-Timor Leste.

5. Dikisahkan, Joao kecil dibawa pergi oleh papanya dari Timor Leste 13 tahun yang lalu, setelah adanya jajak pendapat yang membuat negara Timor Leste berdiri , memisahkan diri dengan bagian Indonesia.

6. Lewat suara rekaman ibunya yang diputar berulang-ulang, Joao mengobati kerinduan pada ibunya, bahkan ia harus menjemur setumpuk baterai supaya bisa tetap mendengar kaset rekaman suara ibunya yang meminta Ronaldo, sang ayah, mengantar pulang Joao kembali ke Timor Leste.

7. Nikia merupakan seorang wanita yang suka menyendiri, namun sangat menyayangi kakeknya yang sudah meninggal dunia. Nikia berusaha membuatkan nisan untuk makam kakeknya, Matheus, yang masih berupa gundukan tanah.

8. Mulanya, Nikia berusaha mencari batu kali sebagai penutup gundukan tanah makam kakeknya, namun ia akhirnya menyerah dan meminta Joao membantunya menata  rapi batu kali makam sang kakek, tanpa percakapan sama sekali.

9.  Film Atambua 39 Celcius memiliki durasi 90 menit, hanya dibuat dengan tenaga 13 kru profesional, dengan total biaya Rp.1.200.000.000,-, dengan 70% dari biaya tersebut merupakan bantuan dari Hubert Blas Fund dengan nilai 20 ribu Uero, dan Rp. 300.000.000,- dari penggalangan dana masyarakat dari wujudkan.com.



No comments:

Post a Comment