Sunday 27 October 2013

Tips Merawat dan Mencuci Ban Mobil Anda


Berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat dan mencuci ban mobil anda, yaitu:

1. Saat anda mencuci ban mobil, pakailah sampo mobil. Sambil membersihkan kotoran yang menempel pada velg dan telapak ban, cermati alur atau kembangan pada ban. Bila ada benjolan, robek, atau ada bagian yang tidak rata, maka segera ganti ban dengan yang baru.

2. Perlu anda ketahui, bahwa tapak ban yang tipis bisa mengurangi efektivitas ban mobil, baik saat mencengkram aspal, maupun ketika melintasi genangan air.

3. Kontir jalan serta kualitas ban yang tidak baik, bisa mengakibatkan bagian-bagian tertentu mengalami penipisan yang tidak merata. 
Karena itulah, cek juga sisi bagian dalam ban mobil ( sisi berdekatan dengan ban di sebelahnya ).
 Hal ini bisa anda lakukan bila mobil anda dicuci di tempat pencucian mobil yang memakai hidrolik. Tapi, jika anda mencuci mobil anda dirumah, dapat dilakukan dengan memeriksanya dengan cara menggerakkan setir ke kanan-kiri. Hal ini agar sisi yang jarang terlihat bisa lebih mudah dicermati.

4. Buanglah kerikil ataupun kotoran yang menyelinap di sela-sela kembangan ban. Kerikil maupun kotoran yang tajam , bila anda terus biarkan, akan mengakibatkan ban rentan untuk robek, sehingga bisa membahayakan keselamatan anda di jalan raya.

5. Cek  tekanan angin ke -4 ban mobil dan juga ban serep. Tekanan angin yang tak sesuai bisa mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara. 
Tekanan angin yang minim bisa membuat mobil anda menjadi boros bensin. Sementara itu, tekanan ban yang berada di atas batas yang dianjurkan, ban mobil akan menjadi gampang panas dan pecah.

6. Bila anda baru saja mengadakan perjalanan yang jauh dengan memakai mobil pribadi anda sendiri, maka segera bawa mobil anda untuk segera di balancing, supaya ban dapat kembali mencapai keseimbangan yang maksimal.

7. Semir ban mobil anda secara rutin, karena akan membuat ban mobil anda semakin menawan, dan menjaga kualitas karet ban mobil anda. Jangan menggunakan semir ban mobil yang mengandung bahan dasar silikon, sebab bisa mengurangi daya tahan ban.

8.  Lengkapi seluruh ban mobil anda dengan pentil.
 

1 comment: