Sunday 15 April 2012

7 Faktor Penyebab Munculnya Jerawat


Siapa sih yang tidak tahu jerawat? 
Remaja yang mengalami masa puber pasti pernah kesal karena muncul bintik-bintik merah yang menonjol di wajah dan sangat mengganggu penampilan.

Apa sih jerawat itu dan apa penyebab munculnya jerawat?

Jerawat adalah suatu gangguan pada kulit yang muncul akibat produksi lemak yang berlebih pada kulit ( terutama pada kulit wajah ), sebagai akibat dari terjadinya over reaksi dari kelenjar sebaceos.

Apa dampak negatif dari jerawat
Tentu saja jerawat akan mempengaruhi kehidupan sosial seseorang , dan juga bisa mempengaruhi harga diri yang bisa mengakibatkan rasa minder dan tidak percaya diri.

Apa saja sih penyebab utama munculnya jerawat pada seseorang?

1. Pengaruh hormon.
Hormon androgen merupakan hormon utama yang paling besar pengaruhnya yang menimbulkan munculnya jerawat karena dapat mendorong produksi berlebih minyak pada wajah. 

Wajah anda yang menjadi sangat berminyak karena pengaruh hormon ini dapat memerangkap debu dan kotoran yang menempel di wajah yang akibatnya pori-pori wajah anda menjadi tersumbat sehingga muncullah jerawat.

Apakah hormon ini dapat dikendalikan? Gunakan antiandrogen untuk jerawat seperti spironolactone, cyproterone asetat dan flutamide. 

Anti androgen ini dapat memperlambat produksi minyak pada wajah , memperlambat produksi androgen yang berlebihan serta dapat memblokir reseptor hormon androgen dalam tubuh.

2. Sebum berlebih ( minyak)

Jerawat dapat muncul akibat sebum yang berlebih pada wajah mengendap pada permukaan kulit dan menyatu dengan kulit mati. 

Membersihkan kulit wajah minimal dua kali sehari serta menggunakan obat-obatan anti sebum seperti asam glikolat dan asam salisilat dapat membantu pengelupasan kulit mati dapat pada wajah sehingga tidak menumpuk serta dapat menghapus pori-pori yang tersumbat.

3. Stress.
Depresi serta stress bisa menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat pada tubuh, yang pada tahap lanjut akan menimbulkan sekresi yang berlebih sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan munculnya jerawat. 
Manajemen stres yang tepat dapat mengurangi munculnya jerawat ini.

4. Make Up Wajah.
Make up pada wajah dapat menyebabkan pori-pori kult dapat  terhalang . Make up yang tebal dapat menyebabkan saat kulit wajah berminyak, pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga menyebabkan munculnya jerawat. 
Gunakan jenis make up noncomedogenic yang cocok untuk kulit wajah anda agar tidak menyumbat pori-pori kulit wajah anda.

5. Makanan tertentu
Ada makanan tertentu yang menyebabkan alergi yang memicu munculnya jerawat. Makanan pemicu jerawat seperti produk susu, gandum, protein yang berlebih serta pemanis dan gula jelas harus dihindari agar tidak memicu terjadinya jerawat.

6. Pembersih wajah yang abrasif
pembersih wajah yang abrasif dapat menyebabkan munculnya jerawat. Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit wajah anda, serta saat membersihkan wajah anda dengan pembersih wajah, lakukan dengan hati- hati. 
Jangan menggaruk jerawat karena dapat memperburuk kondisi jerawat bahkan dapat menyebabkan munculnya pembentukan bekas luka pada wajah anda kelak.

7.Memencet Jerawat
Jangan memencet jerawat karena akan menimbulkan jerawat yang meradang, sehingga dapat menimbulkan munculnya infeksi pada kulit seperti nanah kuning pada wajah anda, dan dapat menyebabkan infeksi parut pada wajah , muncul bekas jerawat pada wajah anda kelak yang sangat susah untuk dihilangkan dikemudian hari.

Karena jerawat merupakan masalah kompleks yang berasal dari sejumlah faktor yang mendasari, maka satu-satunya cara efektif untuk menghentikan penyakit  jerawat secara permanen pada wajah anda adalah dengan mengatasi semua faktor yang berkontribusi tersebut diatas  secara holistik ( menyeluruh).

No comments:

Post a Comment