Tuesday 17 April 2012

Manfaat Soda Kue ( Baking Soda)



Apa itu soda kue ( baking soda) ?

Soda kue atau yang lebih dikenal sebagai baking soda merupakan bahan pengembang makanan seperti untuk roti dan kue, yang mengandung sodium bikarbonat yang mempunyai dapat mengeluarkan gas karbondioksida ( CO2).

Kenapa roti dan kue dapat mengembang apabila dicampur dengan soda kue (baking soda) ?

Reaksi kimia akan muncul apabila soda kue tersebut dicampurkan dengan bahan cair dan mengandung asam sehingga menghasilkan banyak gelembung karbondioksida , dimana gelembung tersebut akan semakin bertambah jika adonan kue atau roti mendapatkan suhu yang tinggi yang dapat mengakibatkan roti atau kue menjadi mengembang.

Selain sebagai bahan pengembang makanan, soda kue juga mempunyai kegunaan yang lain.

Berikut ini merupakan manfaat soda kue, yaitu:

1. Sebagai pembersih

Soda kue dapat digunakan untuk membersihkan dasar panci atau wajan yang berwarna hitam dengan cara menggosokkan soda kue tersebut pada bagian wajan anda yang berwarna hitam, lalu apabila kotoran hitam tersebut mulai lepas , mulailah membilas panci atau wajan anda dengan air hingga bersih.

Untuk menghilangkan noda lemak membandel pada permukaan perabot dapur, maka campur baking soda dengan sedikit air sehingga terbentuk pasta kental , lalu gosokkan pasta kental tersebut pada kain basah , lalu mulai menggosok ke bagian yang berlemak pada permukaan perabot dapur anda, lalu bersihkan dengan menggunakan kain kering.


2. Dapat mengurangi rasa sakit perut.

Baking soda dapat bermanfaat mengurangi sakit saat penyakit maag dan kembung anda kambuh. Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat, lalu anda minum secara perlahan, maka mudah-mudahan tubuh anda akan menjadi sehat lagi secara alami.

 
3. Sebagai Penghilang Bau.

Baking soda dapat digunakan sebagai penghilang bau karena dapat menetralkan bau asam. Untuk bau yang menempel pada kain anda, maka campurkan empat sendok makan baking soda ke dalam empat liter air bersih. 
Bisa juga masukkan beberapa sendok baking soda ke dalam kantong vacuum cleaner untuk menghilangkan bau yang tidak sedap karena kotoran yang tersimpan di dalam vacuum cleaner tidak dibersihkan dengan benar.
Soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari tempat sampah dengan cara meletakkan semangkuk soda kue di dalam tempat sampah tersebut yang dapat menetralkan bau asam pada sampah tersebut.

No comments:

Post a Comment