Sunday, 22 April 2012

Cara Membuat Kembang Tahu atau Tahok



Tahok atau nama lainnya kembang tahu atau puding sutera atau wedang tahu merupakan salah satu makanan khas dari Cina yang terbuat dari ampas kedelai atau  terbuat dari endapan sari tahu dengan teksturnya yang lembut.

Masyarakat Cina menebut tahok biasa dengan sebutan tahoa atau tauhue. Tahok biasanya disajikan dengan kuah jahe, beberapa orang ada pula yang menambahkannya dengan macam-macam buah yang segar.

Cara memuat kembang tahu atau Tahok adalah dengan cara kedelai dibersihkan lalu dikuliti. Kedelai yang sudah dikupas kulitnya tersebut kemudian digiling sampai halus. Hasil gilingan kedelai kemudian disaring untuk mendapatkan sarinya.

Sari kedelai kemudian dimasak dan bisa juga ditambahkan dengan hunkwe.
Kuah kembang tahu atau tahok ini terbuat dari rebusan air yang dicampur dengan jahe, gula merah, pandan, serta serai yang kemudian direbus sampai memunculkan  warna kecoklatan dan menimbulkan aromanya yang khas.

Rasa kembang tahu atau tahok ini sangat sedap, pudingnya yang lembut yang terbuat dari sari kedelai terasa gurih berpadu dengan rasa manis dan hangatnya kuah jahe.

Sepintas , kembang tahu atau tahok ini memiliki tekstur dan rasa seperti bubur sumsum, tapi apabila anda rasakan lebih jauh lagi tekstur kembang tahu ini lebih bercita rasa dan lebih lembut.

Bau Kedelai ini tersamarkan dengan aroma sedap dari kuah jahe. Kuah jahe tersebut menimbulkan rasa sensasi yang hangat ketika kembang tahu disantap. Kembang tahu atau tahok ini paling pas dimakan pada malam hari yang dingin atau saat hari sedang hujan.
Tersaji dalam mangkok yang hangat , kembang tahu atau tahok memang menggoda untuk disantap.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment