Friday 6 April 2012

Tips Mengatasi Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan penyakit yang banyak diakrabi remaja yang sudah memasuki usia puber. 
Adanya perubahan hormon dapat menimbulkan jerawat batu pada wajah yang tentu saja dapat menurunkan rasa percaya diri remaja.

Jerawat ada banyak macamnya. Salah satunya yaitu jerawat batu.

Apa itu jerawat batu?

Jerawat batu adalah jerawat berupa tonjolan yang keras dan besar pada wajah ataupun punggung manusia.

Penyebab dari munculnya jerawat batu adalah karena adanya produksi kelenjar minyak yang sangat berlebihan pada kulit., sehingga menimbulkan peradangan yang memerah.
Jerawat batu bisa juga disebabkan karena memiliki kulit yang sangat sensitif. Selain itu, faktor genetik juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu.

Bila anda memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, maka besar kemungkinan jerawat batu dapat muncul pada wajah anda .

Jerawat batu dapat muncul pada bagian wajah, bahu, dan dapat pula muncul secara menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti pada lengan, tungkai dan batang tubuh manusia.

Berikut yang harus diperhatikan agar dapat mengurangi resiko munculnya jerawat batu:

1. Hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng, karena lemak dari minyak dapat memaksa tubuh membentuk sel kulit baru yang apabila tidak dapat berfungsi dengan baik,maka timbul jerawat batu. Contoh: donat, gorengan,kentang goreng, ayam goreng.

2.Hindari makanan yang manis, karena gula bisa menurunkan kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri penyebab jerawat batu. Contoh: permen, cokelat, soda, biskuit manis.

3.Kurangi makanan tinggi karbohidrat, karena di tubuh , karbohidrat diubah menjadi glukosa yang apabila berlebihan maka dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri jerawat batu menurun. contoh : roti putih.

Tips untuk mengurangi jerawat batu adalah sebagai berikut:

1.Rajin mengkonsumsi kunyit, karena zat pewarna kuning ( curcumin) pada kunyit  memiliki sifat anti peradangan, pengeringan dan bersifat antiseptik  yang dapat meredakan peradangan jerawat batu diwajah. Curcumin dapat mengurangi kemerahan dan iritasi akibat jerawat batu.

2. Oleskan madu yang dicampur dengan lemon  pada jerawat batu, karena madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bersifat antiseptik terhadap infeksi jerawat batu.

3.Rajin mengkonsumsi tomat, dan menggosokkannya di wajah yang berjerawat batu karena tomat mengandung vitamin B1, C dan A yang terbukti ampuh mengatasi infeksi jerawat batu.

4.Jangan mengoleskan  pasta gigi pada jerawat batu, karena komposisi kandungan bahan dari pasta gigi dapat menimbulkan  iritasi kulit yang pada akhirnya jerawat batu tambah meradang.

Lebih baik gunakan obat yang memang dibuat untuk mengobati jerawat batu seperti gel dan krim yang mengandung komposisi benzoil peroksida 2,5% atau asam salisilat 1 %.

No comments:

Post a Comment