Tuesday 10 April 2012

Penyebab Obesitas Anak

Obesitas anak menjadi masalah tersendiri dewasa ini bagi orang tua. 

Apa yang menjadi penyebab obesitas anak?

Adapun penyebab obesitas anak adalah sebagai berikut:

1. Adanya ketidakseimbangan antara jumlah makanan yang masuk ( input) dengan yang dikeluarkan ( Output) dalam bentuk tenaga dalam neraktivitas. 

Anak banyak jajan diluar seperti makan gorengan, es, permen, manisan ,  namun jarang melakukan aktivitas fisik di luar rumah karena sering main Playstation.

2.Makin maraknya restoran cepat saji atau yang kita kenal dengan istilah junk food di kota - kota besar.

3.Masih adanya anggapan bahwa anak yang lucu dan sehat adalah anak yang gemuk.

4. Faktor penyakit, kelainan hormon dan genetika orang tua 'hanya' menyumbang 5 % faktor penyebab obesitas anak.

5. Penelitian jurnal Pediatrics menyebutkan obesitas anak juga bisa disebabkan oleh karena adanya hubungan yang kurang baik antara anak dengan balita , dimana akibat stress yang selalu menempel pada anak dapat menyebabkan kegemukan.

Bahaya obesitas anak antara lain akan terkena resiko terjadinya penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan pubertas pada anak wanita.


Lalu, bagaimana pencegahan yang dilakukan terhadap obesitas anak?

1.Orang tua harus mendidik anak sedini mungkin untuk pergi ke sekolah dengan jalan kaki atau dengan  mengendarai sepeda daripada diantar jemput.

2. Membiasakan anak melakukan gaya pola hidup sehat dengan cara tidak membiasakan anak makan makanan cepat saji, tidak membiasakan mengajak anak pergi ke restoran junk food.

3. Membiasakan anak sedini mungkin untuk makan buah - buahan dan sayur-sayuran.

4.Pihak sekolah menambah jam olahraga atau jam melakukan aktivitas kardiovaskular, menertibkan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan yang tidak sehat.

No comments:

Post a Comment