Thursday 5 April 2012

Tips Menjaga dan Merawat Kamera Anda


Kamera merupakan alat yang harus dibawa para potografer dan petualang agar dapat merekam gambar indah, walau kadang kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. 
Kerja kamera sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang kadang panas, namun kadang juga hujan.
 Jangan sampai gambar yang dihasilkan oleh kamera menjadi tidak maksimal akibat kamera terganggu oleh cuaca.

Agar dapat memperpanjang usia perangkat kamera dan kinerjanya tetap maksimal, maka kamera perlu dirawat, terutama menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Tipsnya menjaga dan merawat kamera antara lain:

1.Suhu yang dingin dapat  mempengaruhi kelembaban kamera dan dapat menimbulkan jamur. Maka , lengkapi tas kamera anda dengan silica gel untuk menjaga kelembaban dan mencegah timbulnya jamur.

2.Gunakan tas anti air agar dapat menjaga dari kelembaban dan menjaga kamera agar tetap kering. Tas anti basah dan hujan ini dapat anda temui di pasar dengan harga yang bersaing.

3.Selama anda berpergian, hindari kamera dari pancaran sinar mentari langsung.

4. Lakukan secara hati-hati saat anda hendak mengganti lensa untuk kamera jenis SLR. Penggantian lensa hendaknya dilakukan ditempat yang kering dan bersih , agar tidak ada debu yang bisa merusak sensor yang ada di dalammya.

5.Untuk menjaga kamera anda tetap kering dan bebas debu, gunakan kain halus atau handuk kering saat melakukan kegiatan fotografi.

No comments:

Post a Comment