Tuesday 10 April 2012

Obesitas Anak

Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan dan kemampuan ekonomi orang tuanya, maka resiko anak terkena obesitas semakin meningkat. Diperkirakan lebih dari sembilan juta anak di dunia mengalami obesitas.

Pada tahun 2020  nanti, diprediksi obesitas anak yang berumur 7 sampai dengan 15 tahun meningkat sampai dengan 65 persen.

Apa definisi obesitas anak?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), obesitas merupakan keadaan indeks massa tubuh (IMT) anak yang berada di atas persentil ke-95 pada grafik tumbuh kembang anak sesuai jenis kelaminnya.

Kapan anak dikatakan menderita obesitas?

Anak anda dikatakan obesitas jika berat badannya empat puluh persen lebih tinggi dari berat badan ideal dan dikatakan overweight jika berat badannya lebih tinggi dua puluh persen dari berat badan idealnya.

Sampai saat ini penyebab tingginya angka obesitas pada anak-anak, terutama di Indonesia, masih simpang siur. Banyak kalangan yang menduga kuat akibat pengaruh jajanan yang kurang sehat dengan kandungan kalori tinggi sehingga anak-anak cenderung lebih senang jajan daripada makan di rumah.

 Penelitian Damayanti juga menunjukkan bahwa obesitas kerap terjadi pada golongan anak yang lebih senang jajan. Sayangnya, penjelasan ilmiah mengenai hal ini masih simpang siur. Sampai saat ini para dokter harus puas dengan predikat ‘multikausal’ sebagai penyebab obesitas, keadaannya sangat multidimensional. 

Tidak hanya terjadi pada golongan sosioekonomi tinggi, sering pula pada sosioekonomi menengah hingga menengah ke bawah.

Anggapan bahwa anak yang gemuk itu lucu untuk zaman sekarang adalah anggapan yang keliru dan menyesatkan. Tahukah anda bahwa obesitas pada anak yang kelebihan berat badan sejak usia kurang dari 10 tahun akan menghadapi resiko terkena stroke pada saat usia 30 tahun keatas?

Tahukah anda bahwa menurut hasil penelitian yang dilakukan terhadap seratus tujuh puluh dua anak menyimpulkan bahwa obesita anak pada usia delapan tahun akan menimbulkan resiko sakit jantung saat usia mencapai tahap remaja yaitu saat usia lima belas tahun?

Obesitas anak kini telah dikategorikan sebagai penyakit oleh para ahli terkemuka dari seluruh dunia. Obesitas anak kini bukan menjadi masalah estetika atau penampilan.Namun, obesitas anak ditetapkan sebagai penyakit.

Para pakar menyarankan untuk menanggulangi obesitas anak adalah dengan mengajak anak kembali pada pola hidup sehat dimana asupan kalori jangan melebihi 1.600 kalori, 'paksa' anak untuk melakukan aktivitas fisik yang banyak dan selalu cermat akan kompsisi atau komponen makanan yang dimakannya.

No comments:

Post a Comment