Monday 16 April 2012

Tahukah kamu: Warna Kulit Zebra itu hitam atau putih?

Zebra merupakan salah satu hewan eksotis di benua Afrika dimana warna kulitnya selalu menjadi perdebatan , 
apakah warna kulitnya berwarna hitam dengan belang putih, atau warna kulitnya sebenarnya berwarna putih berbelang hitam?

Sebenarnya Zebra merupakan hewan berkulit hitam berbelang putih. 
Alasannya , kulit dasar Zebra berwarna hitam sehingga bulu-bulunya juga berwarna hitam. Sementara belangnya yang berwarna putih tersebut merupakan bagian kulit yang mengalami kekurangan pigmentasi.

Uniknya setiap hewan Zebra memiliki belang yang tidak seragam alias memiliki belang yang khas secara individual.

Belang pada hewan zebra memiliki fungsi sebagai kamuflase dan untuk deflektor panas.Sekitar tujuh puluh persen panas akan dibuang melalui kulit hewan ini.

Ilusi optik akan tercipta akibat adanya belang hitam putih pada kulit hewan Zebra yang dapat menimbulkan kamuflase untuk menghindari serangan predator seperti singa afrika.

Belang hitam dan putih pada Zebra juga sangat berguna untuk menghadapi lalat yang merupakan salah satu musuh utama yang mengganggu kenyamanan Zebra. 

Belang tersebut dapat menimbulkan pantulan cahaya yang terpolarisasi sehingga dapat menakuti lalat pengganggu.

3 comments:

  1. Mau nanya... bukannya anak zebra itu lahir dengan kulit berwarna putih? Bukan hitam... kalau begitu jadinya putih berbelang hitam? Sama kalau ngga salah baca , belang itu ada hubungannya sama kadungan lemak dalam tubunh zebra ya? Makasihh

    ReplyDelete