Saturday 7 April 2012

Makanan untuk Penderita Diabetes

Mengatur asupan makanan yang tepat sangat penting untuk pengobatan pada pasien yang menderita sakit diabetes.

Penderita diabetes memiliki resiko dua kali lebih besar terkena penyakit jantung, sehingga harus mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan berkolesterol tinggi seperti daging dan produk susu.

Dokter merekomendasikan bahwa penderita diabetes harus makan makanan diet berserat tinggi seperti pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, sereal dan roti gandum karena dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa buah-buahan yang pantang untuk dimakan oleh penderita Diabetes, yaitu: pisang, mangga yang telah matang, nanas yang telah matang, sawo, sirsak, durian, karena mengandung glukosa yang tinggi.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:

1.Apel
Apel sangat kaya akan kandungan pektin yang merupakan bahan alami yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Pektin juga dapat membantu menurunkan kebutuhan insulin dalam tubuh. Ungkapan " Makan sebuah apel sehari menjauhkan anda dari dokter" sangatlah tepat.

2. Oats atau gandum
Gandum dapat membantu mestabilkan gula darah. Gandum juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung kadar gula yang rendah.

3.Brokoli
Brokoli mengandung super kromium yang dapat membantu mengatur insulin dan gula darah. Brokoli sangat baik sebagai makanan bagi penderita diabetes karena mengandung zat yang bernama sulforaphane yang dapat memperbaiki dan mengembalikan fungsi pembuluh darah yang rusak akibat diabetes.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung serat yang sangat tinggi yang dapat mengatur kadar gula darah dan lipid dalam tubuh manusia dengan baik. Kacang terbukti efektif dapat mengontrol sel lipid (lemak) dalam darah dan glikemik pada penderita diabetes tipe 2.

5.Sayur-sayuran
Sayuran diketahui dapat membantu menurunkan dan menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan sayuran mengandung serat yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Contoh sayuran yang cocok dikonsumsi penderita diabetes adalah brokoli, kembang kol, jamur tertentu , kangkung dan bayam. Selain dimakan secara biasa, sayuran tertentu juga dapat dikonsumsi dengan cara di jus seperti jus bayam, jus wortel, atau jus bit.

Hindari sayuran bertepung karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, misal jagung, labu, kacang polong.

6. Kayu manis
Mengkonsumsi kayu manis secara rutin bisa mengurangi gula darah sebesar 10 persen, karena senyawa yang terkandung di dalam kayu manis bisa mengaktifkan enzim yang merangsang reseptor insulin.

Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida yang merupakan jenis lemak darah yang bisa menimbulkan resiko terkena diabetes.


No comments:

Post a Comment