Sunday 22 April 2012

Fakta Menakutkan: Ada 1 Juta Jiwa orang Indonesia Terkena Kanker




Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2012 diperkirakan berjumlah 237,6 juta jiwa.
 Statistik memperkirakan jumlah penderita Kanker di Indonesia mencapai 4 orang per 1.000 penduduk, yang artinya jumlah penderita kanker di Indonesia telah mencapai 1,02 juta jiwa. Sungguh mencengangkan sekaligus memprihatinkan.

Berikut ini merupakan fakta penyakit Kanker di negara Indonesia:

1. Jumlah penderita kanker akan lebih banyak di negara berkembang dibandingkan negara maju, yang artinya ke depannya, jumlah penderita kanker di negara Indonesia dapat meningkat tajam. Pendapat ini diungkapkan oleh Aru Sudoyo, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia,

2.Penyakit kanker menjadi penyebab kematian nomor 4 terbesar di Indonesia untuk penyakit yang tidak menular.  

3. Penyakit kanker yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah penyakit kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru dan kanker leher rahim.

4. Pengobatan kanker di Indonesia termasuk sangat mahal , sebagai gambaran, satu paket  pengobatan kemoterapi bisa mencapai Rp. 20 juta dan biasanya pengobatan kemoterapi membutuhkan 6 kali pengobatan, jadi total menghabiskan Rp.120 juta.

5. Menurut Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany, menyatakan bahwa tidak ada negara di dunia ini yang menjadi bangkrut karena mengobati penduduknya yang menderita kanker. Tapi faktanya, anggaran negara kita untuk mengobati semua penderita kanker jauh lebih kecil bila dibandingkan untuk bahan bakar minyak yang pada tahun lalu bisa mencapai Rp.16,2 triliun.

6. Walau jumlah penderita kanker di indonesia besar, namun jumlah dokter yang berkompetensi tinggi dalam menangani kanker sangat sedikit, sebagai gambaran jumlah dokter subspesialis hematologi onkologi medik hanya berjumlah 70 orang. Lebih menyedihkan lagi, tidak ada dokter subspesialis hematologi onkologi medik di Maluku , Papua, serta hanya 1 orang di Kalimantan.

7. Pengobatan yang baik terhadap penderita kanker bisa hidup hingga 10 sampai 20 tahun  kedepan sejak pengobatan.

8.Apa sih yang menyebabkan penyakit kanker pada umumnya di Indonesia?
Adanya pola hidup yang buruk penduduk Indonesia menyebabkan jumlah penderita kanker terus membengkak. Suka makan makanan fast food, berbahan pengawet, merokok, sulit makan makanan bersayur dan berserat adalah sebagian faktor penyebabnya.

Lemahnya kebijakan pemerintah mengendalikan faktor resiko pemicu kanker seperti rokok, dimana seharusnya pemerintah harus berani mengenakan pajak rokok 2-3 kali lipat dibandingkan pajak rokok saat ini. 
Dana Pajak yang didapat dari pajak rokok tersebut lalu bisa digunakan untuk membantu pengobatan kanker.

9. Untuk  mencegah kanker, lakukan pola hidup yang sehat seperti rajin mengkonsumsi buah , sayur yang berserat tinggi, lakukan olahraga yang rutin serta jaga berat badan anda , dimana apabila hal-hal tersebut dilakukan dapat menurunkan resiko terkena kanker hingga 30 persen.

No comments:

Post a Comment