Sunday 22 April 2012

Apa itu Badai Matahari?



Badai Matahari merupakan suatu gejala aneh dimana terjadi ledakan yang besar yang terjadi di atmosfer matahari yang bisa melepaskan energi sebesar 6 X 1.025 Joule.

 Badai matahari dapat menimbulkan efek di semua lapisan atmosfer matahari yaitu fotosfer,korona dan juga kromosfer.

Badai matahari menandakan bahwa surya sedang menggeliat. Badai surya ini biasanya terdiri dari segumpalan besar awan partikel merah yang membara.

Setiap 11 tahun sekali terjadi siklus badai matahari dengan puncak siklusnya yang ke -24, diperkirakan akan terjadi di Oktober tahun 2013, bahkan para peneliti di negara lain memprediksi badai matahari akan muncul di pertengahan tahun 2013.

Lalu, apakah ada  pengaruhnya badai matahari tersebut ke planet bumi? 

Sebenarnya badai matahari tersebut tidak memberikan dampak secara langsung kepada manusia di planet bumi.  

Berikut ini beberapa akibat Badai Matahari ke planet Bumi, yaitu:

1. Mengakibatkan gangguan pada magnet Bumi.

Gangguan yang terjadi adalah saat badai tersebut terjadi, partikel berenergi tinggi yaitu proton dan elektron yang terlontar dari matahari yang bisa mengakibatkan gangguan pada magnet planet bumi.

2. Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ), badai Matahari dapat menyebabkan terganggunya penunjuk arah kompas, jaringan pembangkit listrik , sistem navigasi satelit serta mengganggu navigasi udara yang mengakibatkan terganggunya lalu lintas penerbangan , terutama sekali di kawasan kutub.

3.Menurut Direktur Center for Integrated Space Weather Modeling dari Universitas Boston, Amerika Serikat, Jeffrey Hughes, mengatakan bahwa sistem GPS lah yang paling rentan sekali terkena gangguan akibat ledakan matahari.

4. Badai matahari yang termasuk badai terbesar dapat memunculkan aurora di kawasan kutub bumi. Sebagian kawasan yang berada di pertengahan garis lintang bumi yaitu di Asia Tengah, sebagian Amerika Serikat yaitu Iowa, Illinois dan New York akan menyaksikan pemandangan Aurora borealis pada malam hari di bulan Maret 2012.

5.Badai matahari dapat menyebabkan terganggunya listrik, aktivitas pertanian, serta koneksi internet terutama pada sistem internet perbankan, rusaknya sistem satelit, jaringan pipa minyak, pengukur tanah dan GPS berakurasi tinggi pada pengeboran minyak.

6. Badai matahari juga dapat mengakibatkan terganggunya sinyal telepon seluler, GPS dan satelit ruang angkasa serta dapat mengacaukan suplai listrik.

No comments:

Post a Comment