Sunday 22 April 2012

Manfaat Roti Gandum Utuh



Gandum utuh adalah gandum dimana semua bagiannya yang disebut bran, endosperm dan germ , dikonsumsi semuanya untuk tubuh manusia.

Gandum utuh inilah yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat roti yang kemudian hasilnya dapat disebut sebagai roti gandum utuh.

Mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh daripada roti yang terbuat dari tepung terigu, akan membuat tubuh anda lebih sehat.

Lalu, apa sebenarnya manfaat kita mengkonsumsi roti gandum utuh?

1. Anda akan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah.

Serat yang terkandung dalam roti gandum utuh dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung. 

Serat gandum utuh tersebut juga dapat membantndahu kadar lipoprotein sehingga kadar kolesterol dalam darah menjadi  rendah. Kolesterol LDL yang jahat, apabila tidak dikontol maka dapat menumpuk dalam aliran darah di pembuluh darah, sehingga bisa mengakibatkan serangan jantung.

Roti gandum utuh malah dijadikan sebagai salah satu makanan tersehat di dunia dari George Marteljan Foundation.

2. Roti gandum utuh dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Memiliki berat badan yang sehat tidak hanya akan membuat anda menambah kepercayaan diri, namun juga membantu menghindari anda dari penyakit akibat kelebihan berat badan. National Heart, Lung, Blood Institute US mencatat bahwa orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakt diabetes tipe 2, penyakit tekanan darah tinggi serta penyakit batu empedu.

Hasil penelitian selama 12 tahun dari 74.000 orang yang diadakan oleh Harvard Medical School yang dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition, memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi produk gandum utuh seperti roti gandum utuh dapat secara signifikan mengurangi berat badan seseorang.

3.Roti gandum utuh dapat meningkatkan energi.

Roti gandum utuh mengandung 69 persen kalori yang berasal dari karbohidrat. Karbohidrat ini dapat memecah di dalam tubuh menjadi glukosa yang kemudian digunakan tubuh anda menjadi energi.

4. Roti gandum utuh dapat membantu menguatkan Tulang.

Roti yang terbuat dari gandum utuh mengandung magnesium yang dapat berkontribusi membuat tulang manusia menjadi lebih kuat.

Menurut penelitian, magnesium dan kalsium yang terdapat dalam gandum utuh pada roti dapat membantu menjaga tulang kita menjadi padat dan kuat.

 Memiliki tulang yang kuat sangat penting bagi orang tua yang lanjut usia karena pada usia tersebut mereka telah kehilangan massa tulang dan rentan terkena osteoporosis atau bahasa lumrahnya yaitu encok atau rapuh tulang.

No comments:

Post a Comment