Thursday 5 April 2012

Kenali Gejala Kanker Tulang Belakang

Kanker yang berasal dari bagian tubuh lain dapat menyebar ke bagian tulang belakang sehingga muncullah kanker yang disebut sebagai kanker tulang belakang. 

Kanker pada tulang belakang ini dapat merusak sumsum tulang belakang manusia.

Berikut ini merupakan gejala kanker tulang belakang:

1. Penurunan sensitivitas terhadap rasa sakit, panas dan dingin. Sumsum tulang belakang merupakan saraf pusat pada manusia, sehingga apabila terdapat tekanan ataupun peradangan di daerah tersebut, maka dapat menyebabkan terjadinya pengurangan sensasi.

2. Kesulitan berjalan, kadang-kadang menyebabkan jatuh, bahkan sampai lumpuh total.

3. Kehilangan fungsi usus atau kandung kemih. Gejala ini disebut sebagai inkontinensia, yang terjadi akibat adanya tekanan pada saraf tertentu pada sumsum tulang belakang yang berfungsi untuk mengkontrol kerja usus dan kandung kemih.

4.  Hilangnya sensasi atau kelemahan otot, terutama di lengan atau kaki.

5. Timbul rasa nyeri pada leher dan punggung terus menerus dan disertai dengan gejala lainnya.
6. Adanya gangguan impuls pada jaringan tulang belakang dan gangguan keseimbangan tubuh yang terjadi akibat gangguan koordinasi otak dengan jaringan syaraf tulang belakang.

Segera cari bantuan media apabila anda mengalami gejala tersebut. 
Untuk pencegahan , hindarilah makanan yang dapat memicu munculnya kanker seperti makanan berlemak, yang dimasak dengan dipanggang, mengandung banyak makanan pengawet dan zat pewarna, hindari kebiasaan merokok.

No comments:

Post a Comment