Thursday 19 April 2012

Apa itu Western Union?


Anda mungkin sering melihat plang papan kuning bertuliskan western Union di pinggir jalan. Sebenarnya, apa itu western Union?

Western Union adalah perusahaan jasa keuangan berbasis di Amerika serikat yang memiliki visi memberikan akses layanan jasa keuangan yang layak bagi mereka yang belum menikmatinya.

Western Union mengembangkan pelayanan jasanya di negara Idonesia karena mereka melihat fakta yang menarik yaitu:

-Indonesia memiliki 6 juta tenaga kerja di luar negeri ( TKI) yang sangat potensial dijadikan calon nasabah , dimana para TKI ini sangat butuh jasa pengiriman uang dengan cepat kepada keluarga mereka di kampung.

-Indonesia memiliki buruh migran yang masih banyak belum mempunyai rekening bank , sedangkan mereka butuh cepat layanan jasa keuangan untuk mentransfer uang ke keluarga mereka di desa. Ironisnya, keluarga mereka di kampung juga masih banyak yang belum mempunyai rekening bank.

Fakta mengenai Western Union:

- Saat ini sudah ada 17.200 agen western Union di 33 propinsi yng ada di indonesia.

-Sudah ada 485.000 agen Western Union di 200 negara , 200.000 agen diantaranya berada di Asia Pasifik dan dapat melayani pengiriman uang dalam 180 mata uang negara.

-Western union sudah hadir di banyak  negara, namun belum bisa hadir di negara Korea Utara dan Myanmar.

- Western Union mengklaim bahwa mereka memiliki jaringan yang sangat luas dibandingkan dengan gabungan outlet Kentucy Fried Chicken, McDonald's dan Starbucks di seluruh dunia.

- Menurut survey, masih ada 2-3 juta orang di seluruh dunia yang masih belum punya rekening bank sehingga dapat dijadikan nasabah potensial bagi Western Union.

-Terobosan yang dilakukan Western Union adalah membuat suatu layanan pengiriman uang secara cepat, secepat fasilitas telegram meskipun si penerima uang tidak memiliki rekening bank.

-Negara penerima remitansi terbesar di dunia adalah: Cina, India dan Philipina. Indonesia masih termasuk negara kunci dalam lalu lintas pengiriman uang global.

-Cara menggunakan jasa layanan keuangan Western Union adalah dengan cara yaitu si pengirim uang, misal TKI , menulis identitas orang yang dituju kepada agen Western Union . 
Lalu, ia menginformasikan nomor identifikasi personal yang menjadi salah satu prosedur pencairan uang oleh si penerima.

No comments:

Post a Comment