Sunday 22 April 2012

Tips Merawat Aki Mobil


Aki merupakan salah satu komponen yang sangat vital di dalam obil. Bila aki bermasalah, maka mobil bisa jadi rewel dan susah untuk dihidupkan, serta akibat lainnya adalah bisa terjadi bahaya korsleting yang bisa membuat mesin mobil menjadi terbakar.

Terdapat 2 jenis aki mobil di pasaran , yaitu aki basah serta aki kering .

Apa bedanya antara aki basah dan aki kering?

Aki kering tidak perlu diberi penambahan air aki seperti yang harus dilakukan pada aki basah. Namun, harga aki kering jauh lebih mahal dibandingkan dengan aki basah. 

Untuk aki basah, kita perlu melakukan pengecekan rutin apakah air aki nya perlu ditambahkan, mengingat air aki cepat menguap karena panas.

Berikut ini merupakan tips dalam merawat aki mobil agar tidak cepat rusak, yaitu:

1.Saat anda membuka aki mobil, dahulukan kutub (-) , lalu kutub (+).
Saat memasang aki, dhulukan kutub (+), lalu kutub (-).
Hal ini perlu diperhatikan benar, agar tidak terjadi korsleting pada aki mobil anda.

2.Anda harus memastikan bahwa anda sudah menyesuaikan ukuran ampere dengan ukuran standarnya, saat anda hendak mengganti aki mobil.
Jika perlu, anda dapat menaikkan satu ukuran aki mobil dari standarnya, kecuali bila mobil anda sudah dijejali peranti audio.

3.Pastikan tinggi aki mobil sudah anda sesuaikan dengan standarnya, jangan mengganti aki mobil dengan bodi yang lebi tinggi dari standarnya, karena sangat membahayakan karena saat anda nantinya mau menutup kap mesin mobil maka bisa menimbulkan percikan api pada kutub (+) dan kutub (-).

4. Rajin mengecek aki agar air aki selalu berada di antara upper dan lower level.
Jika air aki berada di bawah upper, maka dapat menyebabkan aki cepat soak serta sel bisa menjadi rusak bila sampai kering sekali.

5. Lakukan pengisian air aki saat kondisi mesin mobil masih dingin.

No comments:

Post a Comment